JOGJA – Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X membuka Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) III DIJ 2018 di GOR Amongrogo, Kamis malam (5/7). Selain gelaran Porwada DIJ III 2018, Jogjakarta juga dipercaya menjadi tuan rumah rapat kerja nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI 2018.
HB X mengatakan, Porwada bisa menjadi ajang mencari bibit-bibit atlet daerah dan juga nasional. Oleh karenanya, HB X berpasan, sebagai wartawan tidak hanya mencatatkan prestasi atlet di surat kabarnya saja. “Wartawan juga harus bisa menjadi pelaku prestasi,” kata HB X.

HB X juga berharap, Porwada bisa menjadi ajang memperat silaturahmi antarwartawan daerah dan provinsi yang ada di Indonesia. Di samping itu, keberadaan Porwada, harus bisa menjadi refreshing bagi para wartawan yang selama ini berkutat dengan pekerjaan. “Kerja keras boleh, saatnya refreshing harus digunakan sebai-baiknya. Karena itu bagus untuk kesehatan,” katanya.
Ketua Panitia Porwada DIJ 2018 Janu Riyanto mengatakan, rapat kerja nasional (rakernas) Siwo PWI 2018. Ditegaskan, kegiatan rakernas diikuti seluruh delegasi dari seluruh provinsi di Indonesia. “Ini merupakan rekor karena dihadiri oleh seluruh perwakilan Siwo di Indonesia,” jelasnya.
Pada Porwada kali ini mempertandingkan sembilan cabang olahraga dan diikuti wartawan seluruh DIJ. “Porwada menjadi ajang silaturahmi bagi para wartawan,” katanya.

Pembukaan Porwada DIJ III 2018 ditandai dengan pemukulan bedug oleh HB X. Dalam acara tersebut, hadir pula Ketua PWI Pusat Sasongko Tedjo dan Sekretariat Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa S Broto.
Gatot berharap, keberadaan rakernas dan Porwada, menjadi ajang memperat kebersamaan wartawan nasional. “Jogja sangat istimewa. Semoga rakernas dan pesta olahraga bagi wartawan daerah bisa berjalan dengan baik,” pesannya. (bhn/din/mg1)