Pembeda Balkondes Desa Ngadiharjo dengan yang lainnya adalah view dan makanannya. Para wisatawan lokal maupun mancanegara akan disuguhi kuliner dan tempat yang eksotis untuk dikunjungi. Bila cuaca cerah, bisa melihat pemandangan berlatar belakang empat gunung, yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Suroloyo.

“Untuk kuliner, kita akan suguhkan mi enthok dan kopi kapulaga,” kata Supervisor Balkondes Ngadiharjo Hamid Hartanto. Ide menu kuliner unik itu ternyata bukan dari orang jauh.
Melainkan dicetuskan sendiri oleh Kepala Desa (Kades) Ngadiharjo Wahyu Sariyanto. Dia terkesan dengan unggas dan jenis rempah yang banyak tumbuh di wilayahnya.

“Jadi Pak lurah mempunyai ide seperti itu, ya kami coba lakukan. Dan ternyata malah menjadi kuliner khas tersendiri di Balkondes Ngadiharjo,” tuturnya.
Mi enthok khas Balkondes Ngadiharjo saat ini kerap menjadi serbuan para wisatawan yang mampir ke tempat tersebut. Selain rasa rempahnya yang berani, juga memiliki tekstur enthok yang sangat lembut untuk disantap.
“Yang membedakan mi entok ini dengan mi ayam biasa adalah bumbu dan rempahnya. Mi enthok lebih kaya akan rempah-rempah, dan tentunya juga menggunakan daging enthok pilihan,” jelasnya.

Untuk para wisatawan yang ingin mencicipi mi enthok khas Balkondes Ngadiharjo ini tidak harus merogoh kocek mahal. Untuk satu porsi pengunjung hanya membayar Rp 15 ribu. Sedangkan untuk kopi kapulaga sendiri seharga Rp 8.000. “Rasa minya lebih nendang. Lebih berasa bumbunya,” ungkap Fanny dari Muntilan.

Balkondes Ngadiharjo sendiri didirikan tahun 2017 oleh BUMN yang bekerja sama dengan PLN. Balkondes ini dibangun di tanah bengkok milik Desa Ngadiharjo seluas sekitar 1,5 hektare.
“Untuk kunjungan wisatawan per hari bisa kami hitung dari jumlah mangkok mi enthok yang terjual, sekitar 80 hingga 100 mangkok. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bisa lebih dari itu. Ada yang hanya datang untuk menikmati pemandangan saja,” ungkap Hamid.

Hingga saat ini Balkondes Ngadiharjo masih melakukan tahap penyempurnaan. Kini sudah tersedia home stay bagi para pengunjung yang ingin menginap di tempat tersebut. (laz/mg1)