GUNUNGKIDUL – Berbagai persiapan yang dicanangkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul menghadapi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sepertinya meleset.

Itu terbukti dengan semrawutnya hari pertama pelaksanaan PPDB, Rabu (4/7). Tidak sedikit orang tua maupun keluarga calon siswa (casis) gagal melakukan pendaftaran secara online. Itu akibat jaringan internet lemot.

Seperti di SMP 2 Wonosari. Saking lemot-nya, tidak sedikit orang tua maupun keluarga casis sempat kebingungan.

”Harapannya kendala seperti ini segera ada penanganan,” keluh seorang orang tua casis Oktabantri Dwi Murti.

Keluhan serupa juga dilontarkan Kismaya. Anggota keluarga casis ini mengaku harus mengantre hingga tiga jam untuk melakukan pendaftaran secara online. Itu pun tak membuahkan hasil.

”Saya batalkan pendaftaran untuk hari ini,” ucap Kismaya mengungkapkan bahwa pihak sekolah meminta orang tua casis untuk mengumpulkan password dan username. Agar sekolah dapat meng-entry data.

Kepala Sekolah SMP 2 Wonosari Purwanto tak menyanggah terkait problem pelaksanaan hari pertama PPDB. Kendati begitu, menurut Purwanto, sekolah yang dipimpinnya menyediakan petugas khusus. Petugas ini bakal membantu proses registrasi bila situs web pendaftaran sudah bisa diakses normal.

”Semoga besuk (hari ini) sudah lancar,” harapnya.

Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid menyebut akar persoalan semwarutnya hari pertama pelaksanaan PPDB adalah bandwidth. Banyaknya orang tua maupun keluarga casis yang mengakses memicu jaringan internet lemot. Guna mengatasi problem itu, Bahron menegaskan, Disdikpora telah berkoordinasi dengan Telkom dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Juga menerjunkan tim khusus.

”Saat uji coba kemarin lancar,” ujarnya usai teleconference dengan sejumlah sekolah yang melaksanakan PPDB di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul.

Terkait solusi hari pertama PPDB, Bahron mempersilakan orang tua maupun keluarga casis mengumpulkan berkas pendaftaran ke sekolah. Agar data casis ini dapat di-entry ketika problem bandwidth terselesaikan. (gun/zam/mg1)