JOGJA-Gelaran Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) Jogja mulai bergulir hari ini. Dijadwalkan, pembukaan agenda rutin olahraga bagi para wartawan ini akan dibuka malam ini oleh Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X di GOR Amongrogo. Menpora juga dijadwalkan akan membuka Rakernas Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) 2018.

Porwada DIJ 2018 akan mulai bergulir 11-21 Juli mendatang dengan mempertandingkan sepak bola, futsal, biliar, tenis meja, tenis lapangan, atletik, bridge, dan bulutangkis. Lokasi pertandingan dan perlombaan adalah Lapangan UNY, Planet Futsal, Joglo KR, Hanggar Biliar. Tahun ini, Kabupaten Sleman ditunjuk sebagai tuan rumah.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti berharap kepada kontingen Kota Jogja untuk bisa mempertahankan piala bergilir Porwada DIJ. Dia juga berhadap gelaran juara umum Porwada dapat disandingkan dengan gelaran juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang tahun sebelumnya gagal diraih kontingen Jogja. ”Saya berharap juara umum Porwada tetap bisa dipertahankan kontingen kota dan nanti bisa disandingkan dengan juara umum Porda. Karena kita menjadi tuan rumah,” kata Haryadi saat menerima kontingen Porwada Jogja di Balai Kota Jogja Rabu (4/7).

Haryadi berpesan kepada kontingen untuk menjalani laga secara fair play. Dia juga berpasan agar pesta olahraga bagi para jurnalis, ini terbebas dari cara-cara kotor yang hanya untuk mencari kemenangan semata. ”Untuk pengurus kontingen saya berharap administrasi segera ditertibkan, sebelum menjadi persoalan di kemudian hari,” pintanya.

Ketua Kontingen Porwada Kota Jogja Mussahada Sayyid menyampaikan untuk mempertahankan target juara umum, kontingen Jogja telah melakukan sejumlah persiapan. Sejumlah cabang olahraga bergengsi seperti sepakbola, futsal, billiar, dan atletik ditargetkan mendulang pundi-pundi emas. ”Sepak bola sebelumnya meraih emas. Tahun ini kita berambisi meraih emas kembali,” jelasnya.

Di Pendapa Rumah Dinas Bulati Sleman, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun tadi malam juga mengukuhkan kontingen Porwada Kabupaten Sleman. Jumlah atlet Sleman dalam ajang ini 49 atlet dan akan mengikuti semua cabang olahraga.”Sebagai tuan rumah, kontingen Kabupaten Sleman menargetkan merebut juara umum,’’ kata Ketua SIWO PWI Sleman Budi Harjana.(bhn/pra/din/mg1)