MAGELANG- PPSM Magelang dilarang bermain di kompetisi PSSI. Namun, larangan itu tidak berlaku di level junior. Buktinya, PPSM Magelang U-17 (junior) siap berlaga di Piala Soeratin 2018 yang akan mulai dihelat Minggu (15/7) mendatang.

Kepastian ini disampaikan Pelatih PPSM Junior Ari Mustiantoro. Pria yang akrab disapa Dandung tersebut mengemukakan, sebenarnya PPSM Junior hampir saja tidak bisa ikut dalam kompetisi ini, karena masalah yang menimpa PPSM Senior (PPSM Sakti Magelang).

Namun, berkat dorongan suporter dan berbagai pihak akhirnya PPSM Junior bisa mendaftar di Piala Soeratin menjelang penutupan.“Dorongan suporter ini yang sangat besar. Mereka benar-benar ingin PPSM ikut kompetisi. Bahkan siap mendukung semuanya, seperti biaya pendaftaran, deposit, panitia pelaksana, sampai masalah biaya selama mengarungi kompetisi,” tuturnya.

Diakui, karena persoalan di atas, persiapan tidak maksimal baik dari materi pemain maupun pendanaan. Namun demikian, mereka siap melakoni kompetisi yang memiliki nama lain Liga Remaja ini. Target yang dipasang pun tidak muluk-muluk, minimal bisa masuk ke putaran kedua.

“Persiapan jelas sangat kurang, karena hanya sekitar tiga minggu saja. Tapi, mau tidak mau kami harus siap berlaga di kompetisi bergengsi ini,” ujarnya.

Dandung mengaku sudah memiliki tim yang diisi pemain-pemain muda potensial Kota Magelang. Mayoritas berasal dari siswa SMA 5 Magelang dan SMA lainnya, termasuk pemain Timnas U-16, Amirudin Bagus Kaffi Alfikri dan Amirudin Bagas Kaffi Arrizqi.“Kerangka tim sudah terbentuk dengan 25 pemain dan beberapa kali latihan. Juga sudah dua kali uji coba dengan hasil cukup memuaskan. Uji coba pertama melawan SSB Putra Mandiri dengan hasil menang 2-1 dan uji coba kedua melawan Porad Kodam IV dengan hasil seri 1-1,” urainya.

Selain itu, dia juga merencanakan uji coba ketiga melawan PSIP Purworejo, Sabtu (7/7) di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang. Laga ini sekaligus sebagai peluncuran tim dan jersey yang pelaksanaan semua disiapkan oleh suporter.“Saya pun bertekad akan membawa tim ini sebaik mungkin dan meraih hasil terbaik. Apalagi PPSM Junior pernah meraih peringkat empat di Piala Soeratin,” tegasnya.

Salah satu pemain U-16, Bagas mengaku siap membela PPSM Junior. Dia mengaku siap bermain maksimal jika diturunkan oleh pelatih. “Intinya saya siap memberikan yang terbaik,” tandas penyerang Timnas U-16 itu. (dem/din/mg1)