JOGJA- PSIM Jogja wajib meraih poin penuh, agar terlepas dari poin minus saat menjamu Martapura FC di Stadion Sultan Agung (SSA) sore ini. Selain itu, raihan tiga angka juga berpeluang mendongkrak posisi dari untuk lepas dari dasar klasemen Grup Timur.

Saat ini, Laskar Mataram- julukan PSIM Jogja berada di posisi ke-12 dengan raihan poin minus satu. Kemenangan akan sangat berarti bagi skuad asuhan Bona Simanjuntak ini. Sebab, berpotensi mengudeta posisi Persiwa Wamena dan PSBS Biak.

PSIM Jogja harus bisa memanfaatkan program latihan Martapura FC yang terganggu akibat gagal bermain melawan Persibeng Bengkayang, pada gelaran Piala Indonesia.

Apalagi, pelatih Martapura FC, Hartono Ruslan mengaku buta dengan peta kekuatan tuan rumah. ”Kegagalan melawan Bengkayang semoga tidak berpengaruh ke mental, yang pasti program latihan kita terganggu,” kata Hartono dalam keterangan persnya Senin (2/7).

Tim tamu pun tidak terlalu khawatir dengan kekuatan tuan rumah yang diuntungkan dengan bermain siang hari. Pria asal Solo, Jawa Tengah ini menyebut, menghadapi PSIM dia telah mempersiapkan skuadnya berlatih pada siang hari. ”Kami juga latihan siang. Kami sudah menyiapkan dengan baik dan yakin raih poin penuh,” tegasnya.

Sementara tuan rumah, sempat bermasalah pada fisik pemain setelah sebelumnya menjalani libur Lebaran. Namun persoalan fisik tersebut sedikit teratasi setelah akhir melakukan pemusatan fisik di Pantai Depok. ”Setelah libur ada penurunan fisik. Sedikit, waktu persiapan sepuluh hari kami genjot fisik dan stamina,” katanya.

Dari segi permainan dan mental bermain timnya, Bona mengatakan telah menyiapkan pola latihan.

”Kami rangsang build up dan attacking agar mereka percaya diri lagi,” jelas mantan pemain PSS Sleman itu.

Melawan Martapura FC, Bona mengaku sudah mengetahui peta kekuatan calon lawannya. Menurutnya, tim asal Banjar, Kalimantan Selatan memiliki kualitas merata disegala lini.

”Kami antisipasi semuanya. Kami tetap mengandalkan kolektivitas,” jelasnya.

Sementara pada pada laga kadangnya, panita pelaksana (panpel) PSIM Jogja menyiapkan 14 ribu tiket. Ketua Panpel Pertandingan PSIM Jogja Wendy Umar menjelaskan dari izin 18 ribu tiket yang disediakan, panpel mencetak 14 ribu tiket. Untuk tribun timur seharga Rp 25 ribu, utara dan selatan Rp 30 ribu, tribun tertutup Rp 55 ribu dan VIP Rp 80 ribu.

”Sesuai izin kick off pukul 15.00 WIB. Kami harapkan pendukung datang ke stadion untuk memeriahkan suasana,” jelasnya. (bhn/din/mg1)