JOGJA – Unit Reskrim Polsek Jetis akhirnya berhasil menangkap Bilal Maliki,22, buron kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjadi di kawasan Jogoyudan, Gowongan, jetis 16 April lalu. Bilal diringkus di Cimahi Selatan, Jawa Barat.

Panit Reskrim Polsek Jetis Aiptu Nugroho Basuki mengatakan, aksi pelaku berawal saat dia menginap di rumah korban, Dwi Sri Mulyono. Ketika itu tersangka datang bersama salah seorang saudara korban. Saat penghuni rumah lengah, Bilal membawa kabur Yamaha Vixion AB 4284 FA.
“Pelaku datang dua hari sebelumnya. Dia kebetulan kenal dengan kakak korban. Pencurian berlangsung dini hari, tepatnya pukul 22.00. Motor itu terparkir di dalam rumah,” jelasnya, Senin (2/7).

Dari hasil penyidikan sementara, ketika itu pelaku memang berniat mencuri. Tujuannya, untuk digunakan sendiri sebagai kendaraan sehari-hari. Bahkan, Bilal membawa sendiri kendaraan tersebut ke kampung halamannya di Cimahi.
Pelarian pelaku bisa terungkap berkat laporan teman korban. Untuk mencari kendaraannya, korban menyebarkan informasi. Lengkap dengan jenis kendaraan dan ciri-ciri terduga pencuri.

“Jadi korban punya teman di Cimahi dan tahu kalau motornya dibawa lari. Akhirnya teman-teman korban menggalang informasi, hingga berhasil melacak keberadaan tersangka. Lalu dilaporkan kepada kepolisian,” paparnya.
Selain motor, pelaku juga mengambil dompet dan gawai milik korban. Inilah mengapa pelaku bisa memiliki STNK meski statusnya motor curian.
Dari hasil penyidikan juga terungkap bahwa tindakan pelaku bukan kali pertama. Dia juga pernah pernah berkasi di Cimahi. Sasarannya sama, kendaraan bermotor roda dua dan barang berharga lainnya.”Makanya, pelaku memiliki catatan hitam di wilayah hukum Polda Jawa Barat,” jelas Nugroho.
Dari penelusuran penyidik, pelaku diketahui sebagai seorang pengangguran yang bermasalah di kampung halamannya.

Kini pelaku harus mendekam di sel prodeo untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. (dwi/yog/mg1)