KULONPROGO-Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri meresmikan Masjid Abdul Jalil di Pedukuhan Nabin, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Senin (2/7). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.
Hadir dalam peresmian ini Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati dan Forkompimda Kulonprogo. Masjid dibangun di atas tanah wakaf.

Ahmad Dofiri mengatakan, masjid merupakan tempat ibadah. Sekaligus melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dalam mempersiapkan generasi yang berakhlak mulia dan toleran.
“Saya berharap masyarakat Pedukuhan Nabin bisa memanfaatkan dan memakmurkan masjid yang telah dibangun,” katanya.
Dijelaskan, Masjid Abdul Jalil merupakan masjid kelima yang diresmikan dan paling cepat dibangun. Hal itu tidak terlepas dari semangat masyarakat yang telah bergotong royong menyelesaikan pembangunan masjid dalam waktu dua bulan.
“Dengan adanya masjid ini semoga dapat meningkatkan keimanan dan memperkokoh tali silaturahmi,” jelasnya.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda DIJ atas bantuannya dalam pembangunan masjid Abdul Jalil. Pembangunan fisik di Kulonprogo sudah banyak dilakukan, tapi untuk pembangunan mental dan spiritual masih sedikit.
“Dengan demikian Pemkab Kulonprogo mencanangkan gerakan khatam Al quran. Selama 5 bulan ini sudah ada 820 anak SD yang khatam Al quran, tahun depan targetnya 5.000 anak,” ucapnya. (tom/mg1)