KULONPROGO- Sebanyak 4.000 rider dari berbagai daerah mengikuti gelaran Jogja Hard Enduro (JHE) VI di Alun-Alun Kulonprogo, Senin (2/7). Kegiatan ini diselenggarakan Indonesian Offroad Federation (IOF) Pengda DIJ untuk memeriahkan HUT ke-72 Korps Bhayangkara.

Ketua Panitia Jogja Hard Enduro VI Sidiq Aminudin megatakan para peserta yang mengikuti Internasional Menoreh Explore tidak hanya dari jogja saja tetapi dari Aceh, Lampung, Medan, Bali, Bandung, Kalimatan, dan Jakarta.

Rute yang dilewati peserta adalah Pegunungan Menoreh. Mereka memulai start dari Alun Alun Wates kemudian menuju arah Kalibiru, kemudian menuju arah Sermo. Dari Sermo peserta menuju ke arah barat menuju Pegunungan Pripih.

“Total jaraknya sejauh 60 KM.’’ jelasnya. Rute tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni jalur rute biasa dan jalur rute ekstrem. Rute tersebut melewati track tanjakan, turunan lepas, jalan lepas dan sisir sungai. Terdapat berbagai macam hadiah hiburan yang ada di delapantanjakan pegunungan Pripih, para peserta ditantang untuk melewati tanjakan ekstrem tersebut.

Ketua IOF 1×2 Pengda DIJ AKBP Mujiana mengatakan gelaran JHE tahun ini sengaja diselenggarakan di Kulonprogo untuk mempromosikan berbagai objek wisata yang ada. Dengan begitu, diharapkan ada dampak positif terhadap pariwisata setempat.(sky/din/mg1)