SLEMAN – PSS Sleman sepertinya sudah siap menatap dua kali pertandingan di Pulau Borneo, awal Juli ini. Terbukti dengan kepuasan pelatih melihat perkembangan tim dalam masa persiapan setelah Lebaran lalu.
Hal itu terlihat saat pemain PSS menang meyakinkan atas tim lokal PIM Maguwoharjo 6-0, Jumat (29/6). Enam gol PSS dicetak Slamet Budiono, Arie Sandy, Adi Nugroho, Rifai Lastori, Hisyam Tolle, dan Thaufan Hidayat.
“Anak-anak tidak ngoyo, bisa menghemat tenaga, lebih sabar dan bisa bermain efektif. Itu sesuai yang kami harapkan. Sekarang kami hanya berharap mereka bisa konsisten seperti itu, termasuk dalam dua pertandingan di Kalimantan nanti,” kata Pelatih PSS Seto Nurdiantoro.

Selain itu, Seto juga puas dengan perkembangan Adi Nugroho yang mulai diplot sebagai penyerang. Meskipun posisi awalnya adalah gelandang serang, peran sebagai striker bisa dilakoni cukup baik. Terlihat dari fisik dan pemahaman taktikal yang diberikan pelatih.
“Tinggal insting dan nalurinya sebagai striker yang harus terus dibiasakan. Dia sudah paham skema main utama dan alternatif yang diberikan pelatih,” lanjut Seto.

Gemblengan fisik yang diberikan pelatih fisik Komarudin selama tiga hari terakhir di Lapangan UNY juga terlihat dalam uji coba itu. Pemain bisa mengontrol tempo kapan harus bermain cepat dan kapan harus memperlambat tempo.

Seto optimistis lawatan ke Kalimantan bisa menghasilkan poin positif. “Hasil latihan fisik juga terlihat. Jadi dengan skuad yang ada dan jadwal yang padat di bulan Juli kami yakin dengan tim ini,” tutur mantan pemain PSS ini.
Ya, selain jadwal main yang mepet, PSS juga tidak bisa tampil fullteam. Beberapa pilar harus menepi dan tidak bisa dimainkan. Cristian Gonzales masih mendapat larangan bermain dari PT LIB. Sementara empat penggawa lainnya terkendala kebugaran yang belum maksimal. Seperti Syamsul Chaeruddin, I Made Wirahadi, dan Syahrul Kurniawan. Sedangkan Ilham Irhaz baru selesai operasi setelah mengalami kecelakaan.

“Pilihannya memang sedikit, tapi kami sudah pernah melewati masa-masa sulit sebelum libur Lebaran kemarin. Jadi tidak ada masalah, para pemain siap tampil maksimal,” ujar Seto optimistis.
Terkait Irhaz, manajemen terus berkoordinasi dengan pemain ini untuk proses penyembuhan dan biaya operasinya. Manajemen belum bisa memastikan bagaimana hitung-hitungan biaya operasi dan proses penyembuhan gelandang serang eks Persiba Balikpapan itu.

“Kami sedang mengoordinasikan soal pembiayaan operasi dan penyembuhan Ilham ke depannya. Semoga dalam waktu dekat sudah ada keputusan. Yang pasti kami memberikan keleluasaan bagi Ilham untuk beristirahat sampai pulih,” kata Manajer PSS Sismantoro. (riz/laz/mg1)