MAGELANG – Ziarah, tabur bunga, dan kenaikan pangkat mewarnai peringatan ke-72 HUT Bhayangkara di lingkungan Polres Magelang. Khusus ziarah, agenda yang digelar akhir pekan lalu ini dipimpin langsung Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo di Taman Makam Pahlawan Giri Darmoloyo II, Cawang, Magelang.

”Ziarah bertujuan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Sekaligus mengajak semua pihak untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Hari.

”Juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia. Karena bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawannya,” lanjutnya.

Rangkaian puncak peringatan kemudian dilanjut dengan upacara kenaikan pangkat personel di gedung Bhayangkara Utama Mapolres Magelang. Ada 20 personel yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat ini. Tiga di antaranya karena pengabdian. Lainnya karena reguler. Hari menekankan bahwa kenaikan pangkat merupakan salah satu dari pembinaan karir sekaligus penghargaan atas komitmen, loyalitas, dan dedikasi personel Bhayangkara.

”Ini sejalan dengan program promoter Kapolri dengan maksud meningkatkan kompetensi dan sumber daya manusia,” ujarnya.

Seolah menjadi tradisi, setiap anggota yang mendapat kenaikan pangkat selalu mendapat surprise. Yakni, penyiraman air kembang dari sesama anggota. ”Ini salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh para senior kepada anggota yang sedang menerima kenaikan pangkat. Sebagai rasa persaudaraan,” tandasnya. Pada bagian lain, Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan juga memimpin upacara ziarah di TMP Giri Darmoloyo Kota Magelang.

Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat dan ASN Polres Magelang kota,ditambah para Bhayangkari dan Purnawirawan Polri. Acara yang dihadiri para pejabat dan aparatur sipil negara di lingkungan polresta, bhayangkari dan purnawirawan Polri ini dimulai dengan mengheningkan cipta dan doa. Lalu, tabur bunga. (dem/zam/mg1)