SLEMAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sleman menyelenggarakan Jam-bore Three Ends Forum Anak Sleman 2018.

Kegiatan yang dihelat di Lapangan Pemda Sleman ini sebagai upaya mening-katkan komitmen dan peran serta Forum Anak Sleman dalam pencegahan kekerasan dan pemenuhan hak anak. Selain itu juga sebagai rangkaian mem-peringati Hari Anak Nasional (HAN) 2018.

Kepala Dinas D P3AP2KB Kabupaten Sleman Ma-filindati Nuraini men-yampaikan, salah satu wujud pemkab dalam melaksanakan perlindu-ngan dan pemenuhan hak anak adalah dengan mengembangkan pro-gram Kabupaten Layak Anak. Program ini meli-puti klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga, dan pengasuhan alternatif, kesehatan da-sar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlin-dungan khusus.

“Pemenuhan hak sipil dan kebebasan di anta-ranya pemenuhan hak partisipasi anak melalui pembinaan Forum Anak Sleman,” jelasnya kema-rin (30/6).

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menilai, melalui momentum ini pula dia berharap Forum Anak Sleman dapat semakin memperkuat langkah, di samping melakukan upaya pre-ventif terhadap kekerasan perempuan dan anak.

”Forum Anak Sleman juga harus terus mem-berikan edukasi kepada perempuan dan anak yang notabene sebagai target kekerasan untuk mampu membela diri dan percaya diri,” kata Muslimatun. (ita/din/ong)