MUNGKID – Janji KPU Kabupaten Magelang untuk bisa menyelesaikan perhitungan data rekapitulasi form C1-Plano, gagal terpenuhi. Hingga kemarin petang mereka masih terus melakukan perhitungan cepat dan belum mencapai 100 persen. Jumlah yang berhasil mereka rekap baru data 2.556 TPS dari jumlah keseluruhan 2.629 TPS.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin mengaku keterlambatan perhitungan cepat itu karena faktor teknis. Salah satunya persoalan data masuk dari TPS, yang belum sesuai harapan. Ditambah perintah dari KPU RI untuk tidak melakukan perhitungan terlebih dahulu, karena sedang dilakukan perbaikan jaringan, dari upaya peretasan website atau di-hack.

“Sebetulnya perhitungan suara ini sudah bisa selesai tadi malam. Namun sekitar pukul 21.30, kami mendapatkan perintah dari KPU RI untuk menghentikan semua aktivitas perhitungan karena ada aksi hacker,” katanya, Jumat (29/6).

Penghentian itu membuat perhitungan suara yang sudah mencapai 90 persen terganggu. Padahal sebenarnya yang di-hack adalah data Sistem Informasi Pencalonan (Silon) baik DPR, DPD, DPRD. Tetapi KPU RI ingin semua sistem dipastikan aman dan sistem yang di-hack tidak bertambah, sehingga akhirnya dihentikan dahulu semua.

“Oleh karena itu, KPU RI langsung memerintahkan untuk menghentikan aktivitas perhitungan di seluruh kota dan kabupaten yang menjalankan perhitungan pilkada,” tuturnya.

Proses perhitungan suara Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Magelang 2018 baru dilanjutkan Jumat (29/6) pagi. Padahal, saat dinihari jaringan KPU RI sudah bisa digunakan lagi.

“Berdasarkan data hingga pukul 17.45, yakni data 2.556 TPS dari total 2.629 TPS atau 97,22 persen, pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Magelang nomor 1, Zaenal Arifin-Edi Cahyana (Padi) berhasil meraup 381.231 suara atau 54,47 persen. Sedangkan paslon nomor urut 2, M Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto (Zaroh), memperoleh 306.096 suara atau 44,53 persen,” jelasnya.

Untuk Pilgub Jateng, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin meraup sebanyak 387.194 suara atau 58,02 persen. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh 280.142 suara atau sebesar 41,98 persen.

“Meski pengumpulan data sudah mencapai 97 persen, biasanya hasil akhirnya tidak akan jauh berbeda sampai 100 persen,” ujarnya.

Pada hari ini, proses rekapitulasi perolehan suara Pilbup Magelang dan Pilgub Jawa Tengah telah dilakukan di tiap-tiap Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Kabupaten Magelang. KPU Kabupaten Magelang mempunyai target baru soal penyelesaian hitung cepat.

“Targetnya hari Sabtu (30/6) sudah selesai, namun tidak menutup kemungkinan malam ini (tadi malam) sudah selesai,” tandas Afifudin. (dem/laz/mg1)