KAZAN – Prancis sebagai raksasa Eropa akan bertarung melawan Argentina yang berstatus sebagai unggulan dari benua Amerika. Bentrokan bakal digelar di Stadion Kazan Arena, Sabtu malam (30/6). Laga akbar akan tersaji di babak 16 besar Piala Dunia 2018 ini.
Melihat perjalanan kedua tim di Piala Dunia 2018, Prancis lebih diunggulkan karena mereka mampu tampil konsisten dibanding Argentina. Namun dalam catatan sejarah, Le Bleus kerap tidak beruntung saat menghadapi Tim Tango. Karena itu sulit memprediksi siapa yang akan keluar sebagai pemenang dan lolos ke fase perempat final.
Sebelum menyaksikan serunya pertandingan nanti, ada baiknya melihat sejumlah fakta menarik yang datang dari kedua tim. Berikut rangkuman dari jawapos.com, pertama Prancis dan Argentina baru sekali bertemu di babak 16 besar Piala Dunia.
Dalam catatan sejarah, kedua tim sudah bertemu sebanyak 11 kali. Enam laga dapat dimenangkan Argentina. Sementara tiga pertandingan berakhir imbang dan dua lainnya menjadi milik Prancis.
Kedua, Jika adu penalti tidak dihitung, Prancis cuma menelan satu kekalahan dalam 11 penampilan terakhirnya di ajang Piala Dunia. Kekalahan tersebut didapat dari Jerman empat tahun lalu.
Dalam catatan Piala Dunia, Prancis belum pernah kebobolan ketika bertemu tim dari kawasan Amerika Selatan. Brasil merupakan negara terakhir dari Amerika Selatan yang bisa mencuri gol ke gawang Prancis. Kejadian itu terekam pada Piala Dunia 1986.
Ketiga, Didier Deschamps akan memimpin pertandingan yang ke-80 sebagai pelatih Timnas Prancis. Dia menyusul rekor pelatih sebelumnya, Raymond Domenech.
Sejak diberlakukan babak 16 besar pada Piala Dunia 1986, Les Bleus tercatat empat kali lolos yakni 1986, 1998, 2006, dan 2014.
Selama Piala Dunia 2018, hanya lima tembakan yang mengarah ke gawang Prancis. Satu gol yang bersarang ke gawang mereka terjadi lewat situasi tendangan penalti.
Keempat, Argentina 12 kali melewati babak penyisihan grup dari 13 penampilan terakhirnya di Piala Dunia. Argentina punya modal bagus jelang hadapi bentrokan nanti. Sebab empat dari lima Piala Dunia terakhir, bisa dilalui Argentina hingga ke babak perempat final.
Kelima, sejak pertama kali bermain di Piala Dunia 2006, Lionel Messi belum pernah sekalipun menetak gol saat turnamen memasuki fase gugur. (jpc/ila)