SAMARA – Peraturan Fair Play di Piala Dunia 2018 memakan korban bernama Senegal. Gara-gara lebih banyak mengantongi kartu kuning dibandingkan Jepang, Senegal gagal menjadi wakil Grup H di 16 Besar Piala Dunia.
Dilansir dari jpnn.com, Senegal harus puas menjadi peringkat ketiga grup, di bawah Jepang dan Kolombia. Senegal sebenarnya punya poin yang sama dengan Jepang, jumlah dan selisih gol mereka pun sama. Faktor yang membedakan adalah kartu kuning.
Enam kartu kuning dikoleksi Senegal dari tiga pertandingan. Dua saat melawan Polandia, tiga saat melawan Jepang dan satu saat berhadapan dengan Kolombia.
Sedangkan Jepang memiliki empat kartu kuning. Satu saat melawan Kolombia, dua saat berhadapan dengan Senegal dan satu lagi saat meladeni Polandia.
Ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, tim yang tersingkir harus ditentukan lewat aturan Fair Play. Senegal yang menjadi harapan terakhir Afrika, setelah Mesir (Grup A), Maroko (B), Nigeria (D) dan Tunisia (G) ini pun gagal lolos ke 16 Besar. (jpnn/ila)