Melihat banyaknya sumber daya alam (SDA) di Indonesia yang makin tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogjakarta membekali mahasiswanya yang belajar di Jurusan Biologi dengan ilmu-ilmu yang mengacu pada bioteknologi lingkungan, industri, dan kesehatan.

“Kurikulum yang kami berikan adalah penekanan ilmu yang bisa diaplikasikan secara strategis di bidang lingkungan, industri, dan kesehatan. Ketiganya ini sangat berkaitan dengan masyarakat,” ujar Dekan Fakultas Bioteknologi UKDW Kisworo kepada Radar Kampus.

Kisworo menjelaskan, dalam prosesnya mahasiswa akan belajar ketiga bidang tersebut pada semester 4-6. Pada bioteknologi lingkungan, mahasiswa diajarkan bagaimana mengelola lingkungan dengan baik, seperti pengolahan limbah dengan memanfaatkan biological agent, teknik bioremidiasi (perbaikan), biokonservasi (memperbaiki ekosistem), dan sebagainya.

Pada bioteknologi industri, mahasiswa diajarkan mengenai pengelolaan hasil industri seperti pangan, energi, dan berbagai produk industri. “Kalau di industri ini lulusan biologi akan ditugasnya pada quality assurance sebuah produk,” tambah Kisworo.

Sedangkan di bidang bioteknologi kesehatan, mahasiswa diajarkan bagaimana memanfaatkan bahan-bahan alam yang bisa digunakan sebagai obat, seperti obat herbal atau produk kecantikan dengan bahan alami.

Tak sampai di situ, UKDW juga menerapkan ilmu internship yang bisa dimanfaatkan langsung di masyarakat. Mereka akan melakukan riset terkait isu sosial di tugas akhir semester yang kemudian bisa diterapkan di lapangan. Mengingat kondisi lingkungan, industri, dan kesehatan saat ini sangat krusial dan butuh penyembuhan.

“Terbukti dari feedback para user, lulusan kami sangat berkompeten di bidang ini ketika sudah bekerja di lingkungan masyarakat maupun di dunia industri. Karakter dan attitude yang kami tanamkan semasa kuliah, membuat mereka mudah beradaptsi,” papar Kisworo.

Sesuai pada misi jurusan, pihaknya mempunyai desain untuk mencetak lulusannya menjadi bioscience (seorang ilmuan) yang bekerja dalam proses riset dan pengembangan. Menjadi seorang profesional di bidang biologi, dan bio entrepreneur yaitu bekerja secara mandiri.

Banyak lulusan UKDW sudah bekerja di perusahaan dan industri ternama di Indonesia, seperti di pemerintahan, pertambangan, dan lain-lain. Beberapa juga memilih untuk berwirausaha di bidang agrobisnis.

Mendapatkan akreditasi A pada jurusan ini, juga memiliki laboratorium pendukung untuk kegiatan belajar mengajar mahasiswanya. Seperti Lab Bioteknologii desain, lingkungan, industri, kesehatan, dan lain-lain. Setiap semester ada program yang mengharuskan mahasiswa melakukan praktik di lapangan atau alam terbuka seperti di pantai, sungai, hutan, dan gunung.

Melihat banyaknya potensi lapangan pekerjaan untuk lulusan biologi, jurusan ini pun mulai diminati para calon mahasiswa. Setiap tahun pendaftarnya meningkat, namun hanya 100 kursi saja yang disediakan untuk setiap angkatan. (ita/laz/fn)