SLEMAN – Kapolsek Ngaglik Kompol Danang Kuntadi mengaku telah menerjunkan tim guna melacak keberadaan dua tahanan yang kabur. Mereka, Nanang Bagus Hermawan, 24 dan Eko P, 27 kabur dari tahanan Polsek Ngaglik.

Tim pemburu tahanan kabur tersebut mendatangi daerah asal kedua buronan. Yakni di Kricak, Tegalrejo dan beberapa lokasi yang diduga menjadi persembunyian Nanang dan Eko.

“Saya belum bisa komentar banyak untuk saat ini. Sekarang masih dalam upaya pengejaran untuk keduanya,” kata Danang kemarin (27/6).

Dua residivis kasus pencurian tersebut kabur pada Jumat (22/6). Keduanya kabur melalui ventilasi udara kamar mandi ruang tahanan. Hingga saat ini masih didalami cara dan alat yang digunakan kedua pelaku untuk kabur.

Saat ini Propam Polres Sleman melakukan penyelidikan internal. Langkah ini untuk mengetahui penyebab kaburnya kedua tahanan. Termasuk dugaan adanya kelalaian petugas jaga maupun cara kedua tahanan kabur.

“Tim dari Propam Polres Sleman sudah turun untuk penyelidikan secara internal. Termasuk alatnya juga masih didalami, karena akses tahanan itu terbatas. Untuk hasilnya belum bisa dijabarkan,” kata Kabid Humas Polda DIJ AKBP Yuliyanto.

Dia mengatakan fokus penyidikan awal kepada personel jaga piket saat tahanan kabur. Pemeriksaan untuk menelusuri kondisi sel tahanan, posisi personel yang berjaga, hingga gerak gerik tahanan.

Terkait penyidikan ini, dia memastikan ada langkah tegas. Terlebih jika ada unsur kelalaian personel saat melakukan tugas jaga. Hanya saja perwira dua melati ini belum bisa memastikan hasil dari penyidikan tim Propam Polres Sleman.

Dia belum bisa memastikan sanksi yang akan diterapkan. Saat ini fokus masih ke pencarian kedua tersangka. Dia berharap agar kerabat dan keluarga kedua tahanan kooperatif berkaitan dengan informasi pelarian.

“Jika terbukti ada unsur kelalaian dari anggota Polsek Ngaglik maka akan diberi sanksi tegas sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan. Sanksinya dari pimpinan, tapi nanti itu masih menunggu hasil pemeriksaan Propam,” ujar Yuliyanto. (dwi/iwa/ong)