MOSKOW – Kroasia tidak menemui kendala dalam dua laga di babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018. Tim asuhan Zlatko Dalic sukses mengalahkan Nigeria 2-0 dan Argentina 3-0 sehingga mereka berhak melaju ke babak 16 besar.
Di laga terakhir babak penyisihan grup D, tak ada lagi misi khusus yang dikejar oleh Kroasia kecuali mempertahankan status sebagai pemuncak klasemen. Hal sebaliknya dimiliki Islandia yang diwajibkan menang agar bisa ikut lolos ke fase 16 besar.
Dilansir dari jawapos.com, saat ini Gylfi Sigurdsson Cs ada di peringkat tiga dengan raihan satu poin. Selain harus memetik kemenangan besar di Stadion Rostov Arena, Rabu dini hari (27/6), Islandia juga perlu keajaiban agar di laga lainnya Nigeria takluk dengan skor tipis dari Argentina.
Untuk sementara Islandia dan Argentina memiliki poin yang sama. Tapi posisi Islandia lebih baik karena gawang mereka baru kemasukan tiga gol. Di sisi lain, Argentina sudah kecolongan empat gol. Skenarionya, Islandia akan lolos bila berhasil menang tanpa kebobolan melawan Kroasia. Namun langkah mereka bisa saja terhenti jika hanya menang tipis atas Kroasia, sementara Argentina mampu pesta minimal tiga gol ke gawang Nigeria.
Melihat kondisi ini, apakah Islandia akan “main mata” dengan Kroasia yang diprediksi menurunkan skuad lapis keduanya?. (jpc/ila)