JOGJA – Saluran drainase di Jalan Babaran akan diperbaiki. Hari ini (25/6) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja berencana memulai pekerjaan tersebut. Jalan tersebut sering ambles.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Kota Jogja Aki Lukman mengaku, proses lelang sudah selesai beberapa bulan lalu. Namun untuk pekerjaan fisik ditunda setelah Lebaran.

“Karena selama pengerjaan ada penutupan jalan. Maka sekalian dikerjakan setelah Lebaran,” ujar Aki Minggu.
Pekerjaan fisik drainase tersebut diawali dari Simpang Tiga Janturan sepanjang 720 meter ke arah barat menuju Kali Manunggal. Penutupan akan dilakukan per penggal jalan. ”Jadi tidak seluruh ruas jalan akan ditutup bersamaan,” kata Aki.
Guna menyiasati waktu, setelah lelang selesai, pemenang lelang sudah melakukan persiapan. Di antaranya memesan box culvert yang akan digunakan sebagai dinding drainase.
“Sudah ada lebih dari 400 box culvert yang siap digunakan,” ungkap Aki.
Box culvert dipilih agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat. Ukuran drainase akan diperbesar. Semula 1,2×1 meter menjadi 2×2 meter.

Anggaran pekerjaan fisik drainase tersebut mencapai Rp 13,9 miliar. ”Target kami, maksimal November 2018 sudah selesai,” kata Aki. (pra/iwa/mg1)