JOGJA – Seusai Lebaran, PSIM kembali intensif menggelar latihan menghadapi pertandingan-pertandingan lanjutan di putaran pertama Liga 2 2018. Terdekat, Laskar Mataram akan disambangi tim asal Kalimantan, Martapura FC. Bentrok kedua tim dijadwalkan 3 Juli di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Guna meraih hasil sempurna di partai itu, Hendika Arga dkk kembali menggeber latihan. Termasuk meningkatkan fisik pasca rehat Ramadan dan Lebaran kemarin. Tim pelatih membawa pemain menempa fisik di Pantai Depok, Bantul. Di tempat tersebut, pemain diberikan materi fisik lari sejauh 10 kilometer.

Tidak hanya itu, pemain juga menjalani latihan di pantai. Medan berpasir dinilai sangat baik untuk meningkatkan endurance, kecepatan, serta kelincahan para pemain.

Pelatih PSIM Bona Simanjuntak mengatakan, timnya sudah berkumpul dan memulai latihan sejak 20 Jurlu ni lalu. Namun agar fisik pemain kembali pada performa seperti sebelum rehat, pelatih pemelakukan rekondisi.

“Salah satunya dengan latihan fisik di pantai,” ujarnya kepada wartawan. Bona menyebut, kondisi fisik yang prima diperlukan karena pada bulan depan timnya akan menjalani enam laga di Liga 2. Itu belum termasuk dengan pertandingan babak 128 besar Piala Indonesia menantang tuan rumah Persitema Temanggung.

“Latihan di medan pasir otomatis bebannya lebih berat dan juga agar pemain merasakan suasana yang berbeda agar tidak jenuh,” katanya, terkait pilihan latihan di luar lapangan. Dia berharap, waktu kurang dari 10 hari jelang menjamu Martapura bisa dimaksimalkan dengan baik.

Di sisi lain, Manajer PSIM Erwan Hendarwanto menilai, fisik pemainnya tidak banyak mengalami penurunan. Beberapa pemain bisa menjaga fisiknya, terlihat dari melahap porsi latihan yang diberikan pelatih. Kondisi ini tentu menjadi keuntungan dalam meramu taktik dan strategi di laga berikutnya.

“Kami harap pemain bisa tetap tampil ngotot, memiliki speed dan bisa terus menjalin kekompakan. Sambil kami melakukan pembenahan seperti transisi dan rotasi pemain, kolektivitas dan finishing yang lebih tajam dibandingkan laga-laga sebelumnya,” tambah Erwan. (riz/laz/mg1)