JOGJA – Objek wisata Keraton Jogjakarta masih menjadi primadona. Ribuan wisatawan mengunjungi objek wisata budaya dan sejarah tersebut. Keraton Jogjakarta menawarkan edukasi tentang sejarah DIJ.

Staf penjaga loket Keraton Dinar Roos mengatakan pada liburan Lebaran mulai 14 Juni 2018 keraton dipenuhi pelancong. “Hingga 18 Juni 2018 dikunjungi 2.400 orang. Mulai 19 Juni 2018 hingga hari ini (kemarin) mulai terjadi penurunan. Sekarang jumlah pengunjung berkisar 1.500 orang,” kata Dinar.
Dia mengatakan wisatawan yang berkunjung didominasi wisatawan luar kota dan manca negara “Perbandingannya, 90 persen wisatawan luar Kota Jogja, 10 persen wisatawan mancanegara. Mereka ingin melihat pertunjukan gamelan dan berkeliling keraton,” ujar Dinar.

Salah seorang pengunjung dari Jakarta, Dian Seto yang berkunjung bersama keluarganya mengatakan mengunjungi keraton menjadi agenda wajib saat berlibur ke Jogjakarta. Dia kagum dengan arsitektur keraton dan pertunjukan gamelannya.
‘’Kami tidak lupa berfoto di lokasi ini. Kalau ke Jogja tidak ke keraton dan berfoto di Tugu rasanya kurang lengkap,” ujar Dian. (cr5/iwa/mg1)