(GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA)

MENCARI rekreasi pada malam untuk mengisi hari libur di ujung pekan (weekend)? Cobalah pergi ke Gardu Pandang Kaliurang. Pemandangan menarik mata disuguhkan pada Festival of Lights di sana.

Pada pintu utama, pengunjung disambut lampion T-Rex (Tyrannosaurus) yang mengeluarkan asap dari mulutnya. Semakin masuk ke dalam, lebih banyak lampion mewarnai area Gardu Pandang yang penuh tanaman.

Festival of Lights merupakan gelaran kelima di Gardu Pandang Kaliurang. Digelar setiap Tahun Baru dan libur Lebaran. Tujuannya menyediakan rekreasi malam khususnya untuk keluarga.

“Rata-rata hiburan kan siang, nah di sini selain jalan-jalan juga untuk wisata swafoto,” kata marketing Festival of Lights Sigit Iwan. Hiburan tersebut dibuka hingga 22 Juli 2018, dengan sekitar seribu pengunjung per harinya.

Menikmati pertunjukan air mancur atau Dancing Fame Fountain Show bisa jadi pilihan utama. Air mancur menari-nari cantik seakan mengikuti irama musik. Diikuti lampu sorot warna-warni. Sesekali api keluar menguatkan pertunjukan menjadi lebih seru, menghangatkan suasana Kaliurang yang dingin.

“Perpaduan antara api dan air ini pakai teknologi bagaimana api nggak padam sama air,” jelas Sigit.

Pertunjukan air mancur diadakan empat sesi. Yakni pukul 19.00, 20.00, 21.00, dan 22.00. Setiap sesi berdurasi tiga sampai empat lagu. “Tergantung jumlah pengunjung, kalau banyak ya kasih bonus empat lagu,” kata Sigit.

Tema Jurassic Lantern dipilih untuk tahun ini. Menampilkan lampion-lampion bernuansa kepurbaan. Tahun sebelumnya berkonsep taman bunga, salju dan es. Area gardu pandang terbagi menjadi tiga subtema. Yakni romantic di bagian taman bawah sekitar jembatan, lampion-lampion raksasa yang dan air mancur di bagian atas.

Selama libur Lebaran hingga 24 Juni 2018 tarif tiket masuk Rp 30.000 per orang. Anak usia di atas tiga tahun dikenakan harga tiket normal. Namun, setelah itu dikenakan tarif normal hari biasa (weekdays) Rp 25.000 dan Rp 30.000 untuk akhir pekan (weekend). (tif/iwa/fn)

DINGIN: Di Gardu Pandang Kaliurang disuguhkan Festival of Lights pada malam hari. (SETIAKY A. KUSUMA/RADAR JOGJA)