JOGJA – Hari pertama kerja Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jogja berlangsung normal Kamis (21/6). Tidak ada pegawai yang membolos. Mereka patuh masuk kerja setelah cuti bersama Lebaran.

Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja melakukan sidak ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Jogja. Mereka juga ke kantor Kelurahan Muja Muju Umbulharjo dan tidak menemukan pegawai bolos.

“Dari absensi, semua pegawai datang. Pelayanan masyarakat sudah seperti semula,” ujar Koordinator Forpi Kota Jogja Hary Cahya Kamis (21/6).

Menurut dia dalam beberapa hari kedepan kemungkinan masyarakat atau pemudik yang mengakses layanan Pemkot akan bertambah. Dia berharap ketertiban pegawai ini tidak hanya saat hari pertama kerja saja.

“Meski suasana masih liburan, halalbihalal, tapi pelayanan prima tetap harus diprioritaskan,” kata Hary.

Dia belum mendapat laporan jumlah pegawai di Pemkot Jogja yang membolos atau pulang awal pada hari pertama kerja. Forpi Kota Jogja meminta Pemkot Jogja memberikan sanksi bagi pegawai yang melanggar.

“Libur Lebaran tahun ini lebih longgar. Sejak jauh hari, sudah bisa dijadwalkan kepulangan ke kampong halaman. Jika masih ada yang bolos, beri sanksi paling berat,” pinta Hary.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) juga belum memeroleh laporan pelanggaran pegawai di lingkungan Pemkot Jogja. HS yakin pegawainya lebih tertib. “Saya yakinkan, pelayanan ke masyarakat sudah normal,” kata HS ditemui usai halalbihalal dengan pegawai Pemkot Jogja di Balai Kota Jogja Kamis (21/6).

HS mengapresiasi pegawainya yang hingga kemarin belum merasakan libur Lebaran. Petugas layanan kependudukan, kedaruratan, kesehatan, perhubungan, pengawasan dan lainnya tidak merasakan libur Lebaran.

“Ada tujuh instansi yang tetap bekerja saat masa cuti Lebaran. Sampai akhir pekan ini mereka masih bertugas hingga tingkat kunjungan wisatawan kembali kondusif,” ungkap HS. (pra/iwa/fn)