SLEMAN – Pada hari pertama masuk kerja, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sleman tidak ada yang bolos. Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) dan Wakil Bupati (Wabup) Sleman Sri Muslimatun melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Kamis (21/6).

Sidak dilakukan di kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPTT), Dinas Perhubungan, dan Dinas Sosial. Tidak ditemukan ASN yang membolos di hari pertama kerja.

“Tidak ditemukan ASN yang memperpanjang cuti. Ada satu orang sakit namun menyertai surat izin dari dokter,” ungkap Muslimatun.

Dia mengatakan tujuan sidak agar ASN lebih tertib menjalankan tugas. Serta memberikan pelayanan prima pada masyarakat.

Muslimatun mengapresiasi ASN yang tetap masuk pada saat cuti Lebaran. Terutama pegawai di bagian pelayanan masyarakat.

Dia akan memberikan sanksi jika ada ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan. Pemberian cuti panjang diharapkan agar ASN dapat bekerja maksimal tanpa menambah libur tanpa keterangan.

Kepala Dinas Sosial Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan seluruh karyawannya masuk di hari pertama kerja. Pelayanan di kantor Dinas Sosial berlangsung seperti biasa.

Pada hari pertama kerja, pihaknya memberikan pelayanan untuk warga yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Surat tersebut untuk mendaftar sekolah.

“Hari ini (kemarin) layanan didominasi surat untuk keperluan sekolah. Karena akan dibuka pendaftaran peserta didik baru. Sejak 11 Juni 2018 hingga 21 Juni 2018 kami mengeluarkan sekitar 935 SKTM,” ungkap Murni. (ita/iwa/fn)