Open House, 4.000 Porsi Makanan Ludes

JOGJA – Antusiasme warga Jogjakarta untuk sekadar bisa bersalaman dengan gubernur dan wakil gubernur DIJ sangat tinggi. Buktinya, pengunjung acara open house acara halalbihalal di Bangsal Kepatihan Kamis (21/6) membeludak. Antrean pengunjung yang datang sejak pukul 09.00 pun mengular hingga pelataran Bangsal Kepatihan.

Wisno,64, salah seorang tamu open house gubernur, mengaku rutin mengikuti agenda tersebut setiap tahun. Untuk menghadiri acara tersebut Wisno harus menutup usahanya selama beberapa jam. Baginya, hal itu tak masalah demi bisa berjabat tangan dengan Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X, yang juga raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Menurut Wisno, ajang bertemu orang nomor satu di DIJ merupakan kesempatan langka yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. “Ngarsa Dalem, kan orang sibuk, rakyat juga tahu itu. Jadi, bila ada kesempatan untuk bertemu beliau sayang untuk dilewatkan,” ujarnya di sela antrean. “Ini sudah tradisi, sungkem kepada Sultan selaku raja,” sambungnya. Seperti saat open house Lebaran tahun lalu, Wisno datang bersama beberapa kerabat dan tetangga sesama warga Juminahan.
Selain warga Jogja, acara open house juga terbuka bagi siapa saja. Termasuk wisatawan yang sedang berkunjung di Jogjakarta. Rizky Kurnia,37, misalnya. Pria asal Jakarta itu mengetahui rencana open house gubernur DIJ lewat media sosial. Karena itu dia menyempatkan diri berlibur, sekaligus berwisata ke Jogjakarta untuk bersalaman dengan HB X.

“Hari ini niatnya mau ke Malioboro. Saat dengar kabar bisa bertemu Sultan, maka saya datang ke sini,” ungkap Rizky yang baru pertama kali bersalaman dengan HB X.

Jumlah tamu yang hadir sulit dihitung secara pasti. Yang jelas, tak kurang 4.000 porsi makanan yang tersaji ludes dalam waktu tak sampai satu jam.

Yang tidak terlewatkan, setiap perayaan syawalan, aneka jenang selalu menjadi menu wajib yang disajikan tuan rumah. Ada pula menu lain seperti soto, bakso, bakmi Jawa, hingga nasi merah. Semuanya khusus untuk menyambut kehadiran para tamu.”Baik tamu VVIP dan warga menunya sama, tidak dibedakan. Hanya tempatnya yang lain,” ujar Kabid Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIJ Iswantoro.

Dia berharap, agenda tahunan yang diselenggarakan Pemprov DIJ ini bisa menjadi wadah silaturahmi antara pemangku kebijakan dengan warganya. Sekaligus sebagai wujud kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat.

Usai bersalaman dengan HB X beserta istrinya, GKR Hemas, dan Wagub Paku Alam X yang didampingi GKBRay Paku Alam, seluruh tamu langsung berhamburan menyerbu menu makanan yang telah tersedia di Bangsal Kepatihan. “Kebetulan pas libur, sehingga antusiasme warga tinggi. Ya, bisa silaturahmi dengan masyarakat,” puji HB X.

Selain pejabat teras Pemprov DIJ, acara tersebut turut dihadiri pejabat instansi vertikal, baik TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi DIJ, dan instansi lain. (bhn/yog/fn)