PURWOREJO-Masyarakat yang masih memegang surat keterangan (surket) kartu tanda penduduk bisa memanfaatkan ketersediaan blangko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Purworejo.

Tercatat masih ada ribuan blangko yang disediakan untuk masyarakat yang hendak mengubah surketnya ataupun melakukan perekaman data.Sesuai papan yang ditempelkan di pintu masuk pengurusan adminstrasi Disdukcapil Purworejo, pada Kamis (21/6) tersedia 9.900 blangko KTP elektronik.

Penempatan informasi itu memang disengaja untuk pemberitahuan kepada masyarakat. “Memang blangkonya masih cukup banyak dan siap dimanfaatkan masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil Purworejo Sukmo Widi Harwanto, Kamis (21/6).

Dikatakan Sukmo, selama cuti bersama dan libur hari raya, kantornya
tetap memberikan layanan kepada masyarakat. Tercatat, kantornya tidak
memberikan layanan tepat pada libur Lebaran sesuai kalender saja. “Di luar liburan utama kami tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kenapa, karena tentunya momen libur itu akan dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di luar kota tapi masih ber-KTP Purworejo untuk melakukan berbagai keperluan,” imbuh Sukmo.

Beberapa keperluan yang dimaksudkannya adalah perubahan data kependudukan, rekam data KTP elektronik, serta pencetakan KTP elektronik. Secara khusus pihaknya menggilir petugas yang berada di layanan sehingga kebutuhan masyarakat akan administrasi kependudukan bisa terlayani.

Lebih jauh dikatakan jika setiap hari pihaknya memang meng-update informasi ketersediaan blangko KTP elektronik di pintu masuk utama layanan. Hal ini sebagai bentuk pemberitahuan sehingga masyarakat akan yakin jika ingin melakukan pencetakan KTP. “Sudah banyak yang memanfaatkan layanan ini. Kami berharap, masyarakat yang belum sempat melakukan rekam data atau masih pegang surat keterangan untuk langsung datang ke kantor. Kami akan melayani dengan baik,” tegas Sukmo. (udi/din/mg1)