MAGELANG- Sejumlah karyawan BUMD Taman Kiai Langgeng (TKL) Kota Magelang menerima kejutan berupa hadiah. Reward diberikan kepada mereka yang berangkat kerja lebih awal di hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran, Kamis (21/6).

Penghargaan tersebut diberikan kepada enam orang karyawan, salah satunya Margiyono, di bagian kebersihan TKL. “Hari ini memang saya berangkat kerja agak pagi karena sampah yang harus dibersihkan lebih banyak, setelah libur Lebaran,” katanya.

Biasanya, Margiyono berangkat kerja pukul 07.00. Namun kemarin dia datang lebih pagi, yakni pukul 05.00. Dia berangkat dari rumah setelah Salat Subuh. “Sampai sini jam 05.00 WIB langsung membersihkan sampah,” tuturnya

Dalam pembagian reward tersebut, Margiyono menerima kulkas dua pintu. Sementara karyawan lainnya menerima televisi, magic com, dispenser, kompor, dan setrika. “Rencananya mau saya pakai di rumah, kebetulan saya belum punya kulkas dua pintu,” ujarnya.

Pada hari pertama kerja, dari jumlah keseluruhan karyawan TKL sebanyak 110 orang, 12 di antaranya tidak berangkat. Terdiri dari 5 orang dinas dalam, 6 orang libur, dan 1 orang cuti. Untuk enam orang karyawan TKL yang menerima reward pagi ini berangkat lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan pada pukul 06.00 WIB. Yakni Margiyono pada pukul 05.10, kemudian Budi Prayitno (05.33), Budi Siswoyo (05.41), Dodi Sutastrobakti (05.45), Heri Istiyanto (05.47), dan Mulyono pada pukul 05.51.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengakui, reward ini sebagai bagian dari wujud perhatian dan motivasi kepada para karyawan di jajaran Pemkot Magelang. Sengaja pemberian reward ini dilakukan secara acak di dinas/instansi jajaran Pemkot Magelang.

Tahun ini, dipilih Taman Kyai Langgeng (TKL) sebagai lokasi sidak dan penyerahan reward. Menurutnya, reward ini biasa saja. Pemkot menabung selama satu bulan, sisihkan dari gaji untuk membeli peralatan rumah tangga.”Kemudian kami berikan sebagai reward kepada keryawan di jajaran Pemkot Magelang,” jelas Sigit.

Pemberian reward tersebut, menurut Sigit, diharapkan dapat memotivasi sekaligus mengetes tanggung jawab para karyawan dalam bekerja. (dem/din/fn)