(GRAFIS: ERWAN TRICAHYO/RADAR JOGJA)

JOGJA – Pemprov DIJ akan menyelenggarakan kegiatan tahunan berupa open house syawalan Gubernur Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur Paku Alam X. Kegiatan syawalan akan digelar di Bangsal Kepatihan hari ini (21/6).
Sekretaris Provinsi (Sekprov) DIJ Gatot Saptadi menjelaskan, syawalan Guberur dan Wakil Gubernur akan digelar seluruh kabupaten/kota di DIJ. Syawalan itu sebagai ajang silaturahmi bersama rakyat.

“Kegiatan rutin, pimpinan daerah bertemu masyarakat untuk bersilaturahmi saling memaafkan,” kata Gatot Rabu (20/6). Pada open house di Bangsal Kepatihan, Gubernur HB X akan hadir bersama GKR Hemas, Wagub Paku Alam X, Sekprov beserta pejabat eslon. Hadir pula forum pimpinan kepala daerah dari berbagai lembaga DIJ.

Masyarakat yang hadir akan dihibur dengan kesenian tradisional cokekan. Juga disediakan kuliner tradisional yang dapat disantap setelah bersilaturahmi dengan Gubernur HB X dan Wagub PA X.

“Khusus bagi ASN Pemprov DIJ karena bertepatan dengan Kamis Pahing, wajib menggunakan pakaian adat gagrak Jogjakarta,” jelasnya.

Syawalan di Bangsal Kepatihan akan dimulai pukul 09.00 berakhir pukul 11.00. Dia meminta kepada masyarakat yang hadir dalam syawalan untuk tertib dan mengenakan pakaian sopan. “Yang dari kabupaten lain juga tetap akan diagendakan, nantinya juga akan bertemu dengan kepala daerah,” jelasnya. (bhn/laz/fn)