JOGJA- ­ Menikmati suasa­na kota dengan menumpang andong atau becak menjadi hal biasa bagi wisatawan saat berlibur di Jogjakarta. Kali ini mereka bisa merasakan sensasi baru keliling Kota Jogja di atas bus tingkat. Wa­hana baru ini adalah Bus Wisata Domapan.

Untuk uji coba operasio nal bus dijadwalkan pukul 10.00. Itu pun hanya sampai 20 Juni mendatang.

Armada milik Taman Pin­tar ini mulai dioperasikan Sabtu (9/6)

”Sementara hanya sekali puta­ran dalam sehari. Karena rute yang dilalui Bus Domapan mer­upakan jalan rawan macet,” ujar Analis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Taman Pintar Rita Yuliarti Rabu (13/6).

Adapun rute Bus Domapan meiputi: Taman Pintar – Gon­domanan – Jalan Mataram – Ja­lan Abu Bakar Ali – Malioboro – dan kembali ke halaman Taman Pintar. Sekali putaran ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit.

Desain bus wisat ini memang beda dengan armada angkutan umum lainnya. Kecepatannya tak lebih dari 10 kilometer per jam. Bus warna merah iitu hanya bisa menampung 35 orang. ma­sing­masing 20 orang di lantai dasar dan 15 penumpang di tingkat dua. Bus ini gratis bagi pengunjung Taman Pintar.

”Kami menyediakan pemandu di dalam bus yang bertugas men­jelaskan lokasi­lokasi yang di­lewati,” tuturnya.

Rita mengklaim, Bus Domapan telah lolos uji standar keamanan sebagai armada penumpang unum di jalan raya. Ketinggian bus pun tak melebihi batas nor­mal yang ditentukan pemerintah. Bagian atap bus ditutup kain untuk melindungi penumpang dari kabel listrik atau batang pohon. Penutup atap juga men­jadi sarana antisipasi agar anak­anak tidak berdiri dan jatuh.

Bagaimana dengan wisatawan yang tak dapat kesempatan na­ik Bus Domapan? Menurut Rita, mereka bisa sekadar berswafo­to di depan atau di dalam bus yang terparkir di playground Taman Pintar.

Bisma, wisatawan asal Bandu­ng, mengaku takjub dengan Bus Domapan. Baru pertama kali dia naik bus tingkat keliling ko­ta.

”Unik dan seru, anak­anak ta­di juga senang sekali naik bus ini. Sayangnya hanya beropera­si sekali dalam sehari,” ungkap­nya. (ita/yog/ong)