INTERAKSI: Wakapolres Sleman Dhanang Bagus membagikan menu buka puasa bagi pengendara di sekitar Simpang Empat Condongcatur, Ringroad Utara, Selasa (5/6).(FOTO: DWI AGUS/RADAR JOGJA)

SLEMAN – Dokpol Polres Sleman menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Simpang Empat Condongcatur, Ringroad Utara, Selasa (5/6). Kegiatan ini menyasar masyarakat umum yang melintas di kawasan tersebut.
Wakapolres Sleman Dhanang Bagus menuturkan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke 72 Bhayangkara. Tujuannya adalah memastikan kesehatan para pengendara. Selain itu juga memberikan obat sesuai keluhan yang dirasakan. “Berkendara itu harus sehat agar bisa selamat sampai tujuan. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga pengendara lainnya,” jelasnya.
Kegiatan lainnya adalah membagikan 100 paket menu berbuka puasa. Dhanang memimpin langsung pembagian ini. Satu per satu pengendara mendapatkan makanan yang dibungkus dengan plastik putih.

(FOTO: DWI AGUS/RADAR JOGJA)

Bungkusan makanan dan minuman ini juga disertai imbauan tertib dalam berkendara. Isinya berupa anjuran untuk menaati aturan lalu lintas dan marka di jalan raya. Tujuannya untuk mengurangi angka kecelakaan yang diakibatkan kelalaian dalam berkendara.
Dalam kesempatan ini Dhanang kembali mengingatkan agar tidak terburu-buru. Dia menyadari mendekati waktu berbuka tidak sedikit pengendara yang terburu-buru. Solusinya adalah menyediakan air minum untuk membatalkan puasa.

“Sedia air minum setidaknya bisa untuk membatalkan puasa, saat masih di jalan. Setelahnya bisa menepi ke warung atau langsung pulang. Terpenting jangan terburu-buru,” pesannya.
Salah seorang pengendara Sagino, 59, tidak ragu untuk memeriksakan kesehatan. Dia menepi begitu diberitahu oleh personel Satlantas Polres Sleman. Pria asal Klaten Jawa Tengah ini memanfaatkan momen untuk memeriksakan sesak nafas.
“Tadi lihat jadi menepi untuk periksa kesehatan. Bagus semoga kegiatan seperti ini terus ada. Ini saya perjalan pulang dari Kulonprogo ke Klaten. Setiap hari nglaju dengan perjalanan 1,5 jam,” katanya. (dwi/din/mg1)