SLEMAN – Suasana balai pertemuan warga di Huntap (Hunian Tetap) Ploso Kerep, Kepuharjo, Cangkringan, siang Minggu (3/6) mendadak ramai dipenuhi warga. Bukan untuk mengungsi, melainkan antre guna mendapatkan bantuan sembako yang diberikan Siti Hediati Soeharto, putri mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto.

Kepada para warga, perempuan yang akrab disapa Titiek Soeharto itu mengungkapkan, kegiatan ini ajang untuk berbagi kepada sesama. Selain itu dia juga ingin menyambung tali silaturahmi dengan warga Merapi serta menyebarkan kegembiraan di bulan Ramadan. “Sebenarnya Ramadan ini saya membagikan 10.000 paket sembako untuk seluruh warga, dan salah satunya di Merapi ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, dia membagikan 800 paket sembako yang terdiri atas beras, minyak goreng, gula, dan kebutuhan lain kepada warga yang tinggal di Huntap Batur, Pager Jurang, Ploso Kerep, dan Karangkendal. “Memang tidak banyak, tapi mudah-mudahan dapat membantu dapur warga tetap ngepul menjelang Lebaran ini,” harap Titiek.

Dia juga menyatakan rasa keprihatinannya terhadap kondisi warga yang tinggal di sekitaran Merapi. Menurutnya, mereka telah mengalami tragedi yang sangat memilukan. Apalagi saat ini aktivitas Merapi dalam level status waspada. “Ya, saya minta warga untuk sabar dan tetap waspada,” imbuhnya.

Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto menyatakan rasa terima kasihnya kepada anggota DPR RI ini yang telah dua kali datang dan memberikan bantuan untuk warganya. Dia juga meminta saran kepada Titiek untuk dapat memberikan pengarahan bagaimana mengolah lahan pertanian dan peternakan karena mayoritas warganya adalah petani dan peternak.

Pada acara ini, turut hadir Juru Kunci Gunung Merapi Mas Kliwon Surakso Hargo beserta ibundanya. Dia pun menyampaikan rasa syukurnya karena dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terkena dampak erupsi Merapi. “Apalagi kebutuhan Lebaran semakin banyak, semoga dengan bantuan ini paling tidak sedikit meringankan beban,” kata Mas Asih, sapaannya. (cr4/laz/mg1)