BANTUL – Kabar hilangnya Alfian Gilang Ramadhan, 4, dan Tzabitul Azmi Dzakiyah, 7, sempat menghebohkan warga sekitar rumah mereka di Krapyak Wetan, Bantul. Salah satu pengasuh ponpes Ali Maksum, Rumini, 21, mengatakan mendengar kabar tersebut dan melihat selebarannya.

Rukmini mengaku pernah dua kali melihat Azmi bermain di sekitar Pondok Pesantren Ali Maksum. Juga pada Rabu pagi pukul 10.30 baik Azmi dan Al terlihat sedang bermain air di pondok pesantren. Bahkan Azmi terlihat asyik mengguyurkan air ke tubuh Al.

“Tidak tahu bahwa itu anak hilang. Saya kira rumahnya memang dekat dengan pondok, karena beberapa kali sempat main di pondok,” ungkap Rumini.

Setelah dari pondok, dia mengaku tidak tahu keduanya bermain kemana. Ketika Magrib menjelang pada Kamis (31/5), setelah acara pondok, Azmi terlihat di depan pondok tengah menangis dengan pakaian basah kuyup dan menggigil. Azmi ternyata pakai baju Al yang berwarna oranye.

Setelah didekati, Azmi minta makan. Melihat keadaan Azmi, akhirnya Rumini berinisiatif untuk memandikan, menggantikan baju, dan memberi makan. “Saya ajak anak itu makan,” ujarnya.

Salah satu warga kemudian menunjukkan foto Al kepada Rumini. Dia pun ingat bahwa Azmi sempat bermain dengan seorang anak laki-laki. Ketika ditanya, Azmi mengaku itu temannya.

“Saat ditanya Azmi bilang, Al sudah di rumah, ” jelas Rumini.
Setelah makan, Rumini bertanya di mana rumah Azmi, si anak pun menjawab di dekat Masjid Kamaluddin, Krapyak Wetan. Kemudian pada pukul 20.00 Rumini bersama salah satu rekannya mengantar ke rumah Azmi.

“Di rumah Azmi, saya ketemu mbahnya, juga ketemu tetangganya. Saat ditanya lagi tentang keberadaan Al, Azmi menjawab sepertinya masih di pondok. Akhirnya kami kembali ke pondok,” tutur Rumini.

Salah satu tetangganya menyarankan agar Azmi dibawa ke pondok lagi, karena menyatakan bahwa Al masih di Pondok. Warga selanjutnya berbondong-bondong datang ke pondok untuk mencari keberadaan Al. (cr2/ila/mg1)