SLEMAN – Gunung Merapi kembali erupsi pagi tadi (1/6) pukul 08.20. Erupsi yang berlangsung selama 2 menit itu menyemburkan kolom asap setinggi 6.000 meter.

Kejadian tersebut membuat warga Glagaharjo kembali mengamankan diri ke tempat yang lebih aman.

Tumbuk, perempuan paruh baya dari Kalitengah Lor, Glagaharjo, menuturkan, saat kejadian dia sedang mencari rumput untuk pakan ternak. “Tidak tahu pasnya jam berapa, pas nyari rumput langsung dengar suara gemuruh dari gunung. Saya langsung lihat ke Merapi sudah keluar abu tebal,” ungkapnya.

Sontak dia lantas menyelamatkan diri menuju Balai Desa Glagaharjo bersama ratusan warga yang lain. Saat ini, pengungsi yang berada di Balai Desa Glagaharjo didominasi oleh para lansia ibu dan anak.

Update informasi yang dikeluarkan oleh BPPTKG DIJ lewat akun Twitter resminya diinformasikan tinggi kolom letusan 6000 m, arah bart Laut, durasi letusan 2 menit dan amplitudo maksimum 77 mm. Warga pun diimbau berhati-hati, untuk radius 3 kilometer diharapkan turun ke bawah. Warga pun diimbau siap sedia masker dan alat pelindung diri lainnya untuk antisipasi hujan abu. (cr4/ila/mg1)