SLEMAN – Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisoetjipto Jogjakarta Liza Anindya memastikan kondisi penerbangan dari dan ke Jogjakarta tetap aman pasca erupsi Gunung Merapi Jumat pagi (1/6). Hingga saat ini seluruh maskapai tetap beroperasi seperti biasa.

Liza memastikan erupsi Gunung Merapi tidak berdampak terhadap kegiatan operasional bandara. Berdasarkan pantauan cuaca arah angin cenderung ke arah barat laut dan barat daya. Pihak bandara masih memberlakukan evaluatif terkait adanya potensi hujan abu vulkanik.

“Untuk saat ini tidak berpengaruh dan bandara masih beroperasi normal. Saat ini kami lakukan aerodrome observation dengan paper test untuk observe kemungkinan adanya volcano ash (VA),” jelasnya.

Berdasarkan pemeriksaan sementara hasil VA pukul 11.13 masih nihil. Artinya belum ada indikasi sebaran abu vulkanik mengarah bandara Adisutjipto Jogjakarta. Meski begitu jajarannya akan melakukan evaluasi bersama instansi terkait.

Liza memastikan informasi akan terus ter-update. Hal ini guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Untuk saat ini belum ada pembatalan atau penundaan jadwal penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan.

“Masih koordinasi terutama dengan instansi yang berwenang terkait status Merapi. Hasil paper test sementara sampai dengan 11.13 ini masih aman untuk penerbangan,” ujarnya. (dwi/ila/mg1)