JOGJA – SMA Budi Mulia Dua, Sleman, Jogjakarta, mengadakan ujian kompetensi akhir semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018 bagi siswa secara menarik dan penuh kreativitas di halaman gedung SMA BMD, Senin (28/5). Kegiatan bertitel “Culturativity” ini bertujuan memperkenalkan berbagai culture atau budaya kepada siswa SMA BMD, tanpa menghilangkan unsur budaya Jawa.

Culturativity merupakan penggabungan dari kata cultural, creativity dan activity yang dikemas secara menarik dalam bentuk tampilan. Budaya yang diangkat kali ini adalah Jawa, China, dan Inggris.

Ketua Panitia Hatta Yaridz MPd menuturkan, kegiatan kali ini menampilkan drama, presentasi, dan kolaborasi musik. Pemain drama meliputi Bahasa Jawa kelas 11, dan China kelas 10. Sedangkan kolaborasi musik ditampilkan siswa SMA BMD yang merupakan kolaborasi musik gamelan dengan band.

“Kesempatan kali ini siswa kelas 11 menunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok selama kurang lebih satu semester berupa poster penelitian,” katanya.

Hatta menyampaikan, sesuai tagline SMA BMD “School of University Preparation” kegiatan ini menumbuhkan semangat meneliti dari siswa. Siswa semakin kreatif untuk terus melakukan budaya meneliti, hingga kelak menjadi bekal siswa melanjutkan studi kejenjang perkuliahan.

Poster penelitian siswa dibuat dalam bahasa Inggris, kemudian ditempelkan di papan-papan partisi (skatindo) sehingga memudahkan siswa dalam menyampaikan presentasi penelitiannya.

Yang tidak kalah istimewa, acara ini dikoordinasikan oleh siswa SMA BMD yang tergabung dalam EO (event organizer). EO merupakan salah satu progam sekolah yaitu Kelas Art and Desain dengan singkatan AAD, di mana dapat melatih siswa bertanggung jawab serta menyalurkan ide untuk membuat sebuah event atau acara. Acara ini sudah dipersiapkan sejak hari Minggu (27/5). (sce/laz/mg1)