GUNUNGKIDUL- Guna menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1439 H yang penuh keberkahan ini, tiga komunitas yakni Sedekah Kreatif Eduaktif (SKE), 1000 Guru Jogja, dan DCAB-ID Yogyakarta menggelar aksi sosial. Mereka mengadakan acara berbagi edukasi dan kreasi di MI Muhammadiyah Trukan Gunungkidul, Selasa (28/5).

Acara tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, di antaranya lomba kreasi anak sholeh, yang terdiri dari lomba hafalan ayat pendek, wudhu, adzan, dan salat berjamaah. Selain itu, turut diadakan lomba kids journalism.

Ketua komunitas SKE Krisna Mulawarman menjelaskan, acara tersebut bertujuan membangun semangat para siswa dengan kegiatan yang positif dan bernilai edukasi. Khusus untuk lomba kids journalism, Krisna mengatakan ingin menumbuhkan kepercayaan diri para siswa di depan kamera dan juga melatih publik speaking para siswa. “Harapannya, dengan kegiatan ini para siswa akan mendapatkan ilmu baru, khususnya dalam bidang reportase, dan juga memacu daya kreatifitas dan semangat berkompetisi,” ujar Krisna.

Ketua 1000 Guru Jogja Sandi Pradana mengatakan, kegiatan kolaborasi semacam ini sudah sering dilakukan antara SKE, 1000 Guru Jogja, dan juga DCAB-ID. “Diharapkan ke depan kegiatan kolaborasi sosial seperti ini akan terus konsisten diadakan, dan bahkan semakin ditingkatkan,” terang Sandi.

Sekretaris Jendral DCAB Indonesia Gunadi mengatakan, peran komunitas selain sebagai wadah silaturahim dan juga menyalurkan hobi juga harus memiliki peran sosial yang tinggi. “Peran komunitas dalam bidang sosial juga harus sejalan dengan kegiatan-kegiatan internal lainnya, agar komunitas yang didirikan memiliki manfaat yang positif dan dampak yang besar bagi masyarakat sekitar,” ujar Gunadi.

Di akhir acara, turut dibagikan donasi berupa alat tulis, sarung dan mukena bagi para siswa, dan diakhiri dengan salat Tarawih berjamaah. (**/din/mg1)