JOGJA – Polresta Jogjakarta menggelar cek kesehatan gratis di Lantai Dasar Pasar Beringharjo Jogjakarta. Cek kesehatan didominasi para buruh gendong dan pedagang Rabu (30/5).

Perwira Urusan Kesehatan Polresta Jogjakarta Wakiran mengatakan kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-72 Bhayangkara. Cek kesehatan gratis ditangani dokter yang juga menangani kepolisian.

“Selain cek kesehatan gratis, Polresta Jogjakarta juga memberikan obat gratis bagi pasien yang mempunyai keluhan kesehatan,” ujar Wakiran.

Dia mengatakan dalam waktu dekat Polresta Jogjakarta juga akan mengadakan sunatan masal dan donor darah. “Kami ingin memberikan pelayanan sosial bagi warga Jogja,” kata Wakiran.

Salah seorang buruh gendong yang ikut cek kesehatan gratis, Ponirah, mengaku senang dengan kegiatan tersebut. “Saya menderita pusing dan gatal-gatal,” ujar Ponirah.

Dia mendapat pelayanan berupa cek tensi darah serta konsultasi. Ponirah diberi dua jenis obat untuk keluhan penyakitnya.

“Senang rasanya kalau ada cek kesehatan dan diberi obat gratis seperti ini. Jadi tahu penyakit yang saya derita. Apalagi tidak dipungut biaya,” ujar Ponirah. (cr5/iwa/mg1)