KHUSYUK: Biksu mengeelilingi Candi Borobudur sambil melantuknkan doa sebelum puncak perayaan Waisak. (ABRAHAM GENTA BUANA)

MUNGKID – Tanpa kehadiran Presiden Joko Widodo, puncak perayaan Tri Suci Waisak 2018 oleh Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) di Candi Borobudur Selasa (29/5) tetap berlangsung meriah. Seremonial Waisak yang berlangsung menjelang buka puasa dihadiri Menteri Agama RI H Lukman Hakim Saifudin, Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama RI Caliadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto, serta pejabat kementerian, Pemprov Jateng, dan Pemkab Magelang. Di jajaran kursi tamu undangan terlihat juga Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristanto berdampingan dengan Pengurus Walubi Murdaya Poo.

Dalam seremonial di pelataran Candi Borobudur para tamu undangan sempat melepaskan beberapa lampion simbol perdamaian. Lukman bersama Murdaya Poo dan Hasto Kristanto memegang dan melepas lampion di bagian tengah.Sedangkan Ketua Umum Walubi S.Hartati Murdaya bersama Kapolda dan tamu undangan lainnya melakuan hal yang sama. “Semoga Indonesia tetap damai,” ujar Lukman.

Dalam kesempatan itu Lukman mengajak semua umat beragama di Indonesia melakukan moderasi agama. Agama tidak boleh dibawa pada pemahaman dan bentuk pengamalan yang ekstrem. Agama harus menjadi sumber nilai dari semua kehidupan. “Kita kembalikan pemahaman dan pengamalan agama dari sisi-sisi moderat,” pintanya.

Hal ini sejalan dengan tema Waisak tahun ini, yang berusaha memberantas kebodohan dan ego. Melalui moderasi agama bisa ditimbulkan kesadaran diri untuk mengikis sang ego. Kesadaran itu adalah menyadari keberadaan Tuhan dengan kebenaran sejati yang melebur dalam diri. “Mari bersama-sama mengalahkan sang ego,” tegasnya

Adapun puncak perayaan Waisak diawali kirab puja bakti yang terdiri atas kendaraan hias pembawa Api Dhamma, air suci, kitab suci Tripitaka, dan relik Sang Buddha.

Detik-detik Waisak tepat pukul 21.19.13 tadi malam. Ditandai dengan meditasi oleh para biksu dan umat Buddha. Kemudian ditutup dengan pelepasan lampion. (dem/yog/mg1)