KULONPROGO – Pemkab Kulonprogo mendorong pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) memanfaatkan teknologi internet. Terutama untuk melakukan promosi produk.

Pelaku UKM juga diminta menjaga kualitas produknya. Hal tersebut untuk memenangkan persaingan di pasar bebas.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kulonprogo Tri Subekti Widayati. “Dorongan tetap harus diberikan kepada para pelaku UKM meskipun sudah ada yang promosi produk melalui internet,” kata Subekti (28/5).

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo Heri Widada mengatakan Kulonprogo tengah menuju Smartcity dan Open Government. Diskominfo sudah mulai membangun jaringan internet yang menghubungkan seluruh desa.

“Pembangunan jaringan internet sudah dimulai di lingkungan OPD. Nantinya dilakukan pemasangan fiber optic ke 87 desa. Sehingga seluruh desa, kecamatan, dan SKPD Pemkab terhubung internet,” kata Heri.

Pembangunan jaringan internet dimulai dari Kompleks Pemkab Kulonprogo hingga Gedung DPRD lalu SKPD dan kecamatan. Penyambungan jaringan internet ke 87 desa dan satu kelurahan serta Puskesmas akan dilakukan setelahnya.

“Pembangunan jaringan internet ini agar digitalisasi pemasaran produk UKM bisa lebih mudah,” kata Heri. (tom/iwa/mg1)