KULONPROGO – Pemkab Kulonprogo membolehkan pemerintah desa (Pemdes) mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa. Hal itu dituangkan dalam peraturan Bupati (Perbup) tentang tunjangan kepala desa dan perangkat desa.

“Perbup tentang tunjangan kepala desa itu salah satunya untuk THR,” kata Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo Selasa (29/5).

Dijelaskan, besaran THR setiap desa berbeda-beda. Menyesuaikan APBDes masing-masing desa. Besaran THR juga disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan pendapatan asli desa.

“Besaran THR tidak sama dengan THR yang diperoleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Jadi, tidak boleh ada Kades dan perangkat desa membandingkan besaran THR yang diperoleh,” kata Hasto.

Ditegaskan, Perbup tentang tunjangan kepala desa dan perangkat desa di DIJ, baru Kulonprogo yang mengeluarkannya. Latar belakangnya untuk memberikan penghargaan kepada Kades dan perangkatnya.

Harapannya, dengan penghargaan tersebut, Kades dan perangkat desa bisa menjaga kinerja sebaik mungkin. Berinovasi untuk mengembangkan unit usaha BUMDes, sehingga meningkatkan pendapatan asli desa.

“Di DIJ yang memiliki Perbup yang mengatur THR hanya Kulonprogo. Di Jawa Tengah juga ada yang memiliki Perbup ini. Ini sebagai bentuk penghargaan sekaligus motivasi agar kinerja kades dan perangkat terjaga baik,” kata Hasto.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo Muhadi mengatakan besaran THR diatur dengan peraturan kepala desa. Hanya mengambil dari pos anggaran sebesar 30 persen belanja desa.

“Itupun khusus dari sumber pendapatan asli desa. Tidak boleh mengambil dari sumber selain itu. THR kades dan perangkat desa diatur dalam Perbup 79/2017,” kata Muhadi.

Kepala Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Damar belum memutuskan besaran THR kades dan perangkat desa. Dia masih melakukan penghitungan kemampuan anggaran desa.

“Kami akan melakukan musyawarah internal terlebih dahulu,” kata Damar. (tom/iwa/mg1)