BANTUL – Setelah PS Tira, PSIM Jogja, dan PSIS Semarang sudah menggunakan Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, kini giliran Persija Jakarta yang bakal menggunakan SSA. Hal itu menyusul tidak bisanya Macan Kemayoran, julukan Persija, menggunakan stadion di sekitar Jakarta. Tim pengoleksi satu bintang juara itu akan memakai SSA untuk pertandingan di bulan Juni hingga Agustus, saat menjamu Persebaya Surabaya, PSM Makassar, dan PSMS Medan.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Bagus Nur Edy Wijaya mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari manajemen Persija terkait hal itu. “Mereka (Persija, Red) menerangkan akan bermain di Bantul untuk pertandingan di Liga 1,” bebernya kepada wartawan.

Surat bernomor 333/PERSIJA/LIGA-1/V-2018 yang ditandatangani COO PT Persija Jaya Jakarta M Rafil Perdana itu, Persija menjelaskan alasan Ismed Sofyan dkk memilih SSA sebagai tempat pertandingan bagi tiga laga kandangnya. Alasan pertama adalah digunakannya stadion di sekitar Jakarta dan Jawa Barat untuk Asian Games, serta akan digelarnya Pilkada di Jawa Barat.

“Stadion representatif yang ada di Jakarta dan sekitarnya (Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, dan Stadion Patriot) dipergunakan untuk Asian Games (Agustus-September). Demikian pula dengan penyelenggaraan Pilkada 2018 yang berdekatan dengan jadwal pertandingan akhir Juni dan awal Juli,” tulis Rafil.

Dalam surat yang diterima Pemkab Bantul kemarin, manajemen Persija juga menjelaskan untuk jadwal pertandingan ketiga laga tersebut tersebar di tiga bulan berbeda. Untuk laga Persija kontra Persebaya bakal dilaksanakan pada 3 Juni mendatang, kemudian Persija kontra PSM bakal berlangsung 6 Juli, dan Persija melawan PSMS berlangsung 12 Agustus.

“Pertandingan melawan Persebaya, karena masih puasa akan main pukul 20.30 WIB, sedangkan yang PSM dan PSMS akan main pukul 18.30 WIB. Semua laga ini, dalam surat yang dikirimkan Persija, berstatus siaran langsung,” ungkapnya.

Terkait penggunaan lapangan, Bagus menilai tidak ada masalah. Meskipun dalam dua hari SSA akan padat digunakan untuk pertandingan Liga 1. Yakni Persija vs Persebaya pada 3 Juni, lalu sehari kemudian akan dipakai PS Tira menjamu Barito Putera. Sedangkan untuk Persija versus Persib Bandung pada 30 Juni, Bali United pada 17 Juli, serta menjamu Bhayangkara FC pada 27 Juli, pihaknya belum mendapat pemberitahuan lanjutan. (riz/laz/mg1)