Menang Undian Minuman Ringan, Bisa Nonton Langsung ke Kiev

Setelah menempuh perjalanan udara 16 jam sejak Kamis (24/5), Hadi Soesanto yang biasa disapa Hasoe, sampai di Kiev, Ukraina. Duel dua tim terbaik Eropa dia saksikan langsung di stadion. Setelah partai final, dia bertolak ke Doha, Qatar, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jogja. Dia menceritakan awal mulanya bisa sampai Kiev. Yaitu medio Maret 2018 dia mengikuti undian dari minuman ringan sponsor Liga Champions.

Beruntung, namanya keluar menjadi pemenangnya dan berangkat ke negeri kelahiran Andrey Shevchenko itu. “Sungguh pengalaman yang luar biasa, semua fans klub datang dari mancanegara. Mereka menyemangati tim pujaannnya tanpa lelah,” kata Hasoe tentang perasaan menonton langsung final kompetisi antarklub benua biru itu.

Ia kebagian tempat duduk di curva belakang gawang Liverpool di babak pertama dan Real Madrid di babak kedua. Sehingga, ketika gol Sadio Mane yang sempat menyamakan skor, dia bisa merekamnya dengan jelas. Video itu yang diunggahnya di akun Instagram-nya.

“Kebetulan aku duduk di bangku yang netral, sehingga otomatis campur dengan suporter kedua tim dari banyak negara. Aman, tidak ada kerusuhan. Pertandinganya bagus dan seru,” imbuhnya.

Pimpinan grup musik yang mempunyai ratusan ‘angels’ itu mengaku mengikuti lomba atau undian sejak 1982. Dia masih ingat, lomba yang pertama dimenanginya adalah desain kartu pos yang digagas sebuah bank asal Belanda. Setelah itu, hingga saat ini alumnus ISI Jogjakarta jurusan Seni Lukis itu sudah keliling sekitar 20 negara dari menang undian.

Di antaranya tahun 2010 ke Piala Dunia Afrika Selatan, 2012 ke Singapura, Korea, Polandia nonton Euro Cup dan ke Inggris. Tahun 2013 dia berangkat ke Jepang setelah menang undian dari sebuah produsen mobil, lalu 2014 keliling Belanda, Belgia, Prancis, Jerman hadiah menang pembersih muka dan makanan ringan. Belum termasuk Art Camp ke Taiwan, Moldova, Turki, Kashmir India, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Soal kegemarannya mengikuti lomba, ia mengatakan jika tertarik akan mengikuti lewat online, membeli produk atau mengirim karya. Penggemar klub Manchester United (MU) ini tidak mempunyai trik khusus agar bisa menang undian.

Menurutnya, peluang setiap orang untuk menang sama. “Kalau diomong beruntung sebenarnya fifty-fifty, yang utama adalah strategi dan sedikit kreasi. Duh, tapi do melu kabeh mengko, hahaha,” tuturnya.

Dari sekian tempat yang pernah dikunjungi ada beberapa yang menurutnya paling berkesan. Yakni bisa masuk tujuh stadion selama tour di Inggris. Yaitu pada 2014 mengunjungi markas MU, Chelsea, Arsenal, Everton, Manchester City, Liverpool, dan Totenham. “Stadion di luar negeri tempatnya bersih, tempat duduknya nyaman, sound terdengar jelas dan pemeriksaan penonton sangat ketat. Itu yang membuat betul-betul menghibur,” ungkapnya.

Meskipun sudah banyak negara yang dikunjungi, Hasoe mengaku masih ada keinginan untuk terus keliling dunia. “Tiga benua sudah, tinggal dua yang belum. Amerika dan Australia. Kalau Piala Dunia Rusia besok tidak nonton, karena waktunya mepet. Lagi pula, sebelumnya sudah pernah,” bebernya. (laz/mg1)