GUNUNG Merapi masih berstatus Waspada kemarin. Namun status tersebut tidak boleh menyebabkan warga sekitar gunung panik. Warga harus tetap tenang dan waspada.

Pengunjung pun masih boleh datang ke kawasan wisata Kaliurang dan sekitarnya. Menikmati keindahan alam lereng Merapi masih diperbolehkan asalkan tetap mematuhi anjuran pihak berwenang jika sewaktu-waktu status dinaikkan.

Pengunjung pun masih ada yang datang ke kawasan Kaliurang dan sekitarnya. Salah satunya ke Puncak Bukit Turgo. Berdiri di puncaknya seakan ada di atas awan.

Tidak ada bangunan maupun pohon yang menghalangi pandangan mata. Bisa memandang birunya langit dan hamparan awan. Melihat ke utara bisa menyaksikan gagahnya Gunung Merapi,” jelas Armanto pengunjung asal Purworejo.

Bukit setinggi 1.200 mdpl ini adalah sisa-sisa dari pembentukan Gunung Merapi Tua. Diperkirakan terbentuk sejak 60.000 hingga 8.000 tahun lalu. Bukit Turgo terletak di Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Berada di sebelah selatan Gunung Merapi dan sebelah barat Kaliurang. (hep/iwa/rg/mg1)