PURWOREJO – Pembangunan rumah sakit tipe c menjadi proyek prestisius di tahun 2019. Dengan total anggaran mendekati Rp 100 miliar, diharapkan pembangunannya bisa berjalan sesuai perencanaan yang ada.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo Ngadianto Jumat (25/5). Nantinya, setelah pembangunan harus tidak ada catatan khusus dan bisa langsung dipergunakan dengan baik. “Kami tidak ingin sejarah penataan Alun-Alun terulang lagi di pembangunan RS tipe c ini,” katanya.

Anggota yang tergabung dalam Komisi B ini mengungkapkan, pengalaman penataan Alun-Alun Purworejo bisa menjadi pelajaran bersama. Pemkab diminta terus mengawal dan mengawasi pembangunan yang ada, sehingga semuanya bisa sesuai target.

Disinggung soal fungsi pengawasan yang dilakukan pihaknya, Ngandianto mengungkapkan hal itu akan dilakukan sesuai tugas pokok fungsi yang ada. Dan kemungkinan turun ke lapangan melakukan pantauan juga tetap bisa dilakukan.

“Semua sesuai tupoksi saja, kami bisa ke lapangan ataupun memanggil OPD terkait. Yang jelas memang progres-progresnya tetap akan kami ikuti,” tambahnya.

Ia menambahkan pihak pekerja juga bisa mengikuti perencanaan yang ada. Pada pengalaman penataan Alun-Alun Purworejo, pihak pelaksana baru mengerahkan tenaga maksimal menjelang waktu pengerjaan usai. Akibatnya semua tidak sesuai dengan harapan.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Purworejo Suranto mengungkapkan, pembangunan RS tipe c yang berada di Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, dilakukan oleh PT Hutama Karya dan akan berakhir 26 Desember 2018.

“Mereka juga yang mengerjakan Pasar Baledono dan bisa selesai tepat waktu. Semoga untuk rumah sakit ini juga akan sama, bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Seperti pesan Bupati Purworejo Agus Bastian saat dilakuakan groundbreaking, Suranto mengaku juga terus menekankan kepada pihak pelaksana agar bisa melaksanakan pembangunan tepat waktu, tepat mutu dan tepat adminstrasi. (udi/laz/mg1)