SLEMAN – Sebanyak 38 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengangkatan dilakukan Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman Kamis (24/5).

Adapun ke-38 CPNS tersebut terdiri dari satu orang dokter dan 37 orang berprofesi sebagai Bidan. SP mengimbau seluruh pegawai yang diangkat mematuhi peraturan Pemkab Sleman.

Sebagai sosok yang diperhitungan di masyarakat, mereka juga diimbau bisa mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat. Menjadi panutan yang baik bagi warga.

“Para PNS yang akan bekerja di bidang kesehatan ini memiliki peran yang cukup penting, karena kesehatan menjadi prioritas Pemkab Sleman, sama halnya dengan bidang pendidikan,” ujar SP.

Melihat kondisi Sleman yang relatif maju otomatis tuntutan masyarakat terkait pelayanan kesehatan akan meningkat. Pihaknya meminta dokter dan para bidan tidak berhenti belajar memperbaharui pengetahuannya sesuai perekembangan dunia medis untuk memberikan pelayanan terbaik.

Kepala BKPP Sleman Suyono mengatakan seluruh CPNS tersebut sebelumnya telah melalui serangkaian proses untuk memenuhi persyaratan pengangkatan menjadi PNS. Berdasarkan pada salah satu dasar hukum dalam kegiatan tersebut yaitu Peraturan Pemerintah 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Pada pasal 36 ayat (1) disebutkan bahwa calon PNS yang diangkat menjadi PNS harus memenuhi dua persyaratan. Yaitu lulus pendidikan dan pelatihan serta sehat jasmani dan rohani. (ita/iwa/mg1)