JOGJA – Setelah wilayah DIJ dan sekitarnya, abu dari Gunung Merapi Rabu hari ini (23/5) mencapai kawasan wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Abu tersebut akibat letusan freatik Gunung Merapi pada Rabu dini hari pukul 03.31 dengan durasi empat menit.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta Hanik Humaidah mengatakan, akibat letusan freatik dini hari tadi arah angin ke barat daya. Hujan abu dampak letusan freatik tadi mengarah ke Magelang dengan jangkauan 25 kilometer. “Sampai wilayah Borobudur,” ujarnya.

Dampak lainnya juga terjadi hujan abu di wilayah Kabupaten Magelang di kawasan rawan bencana (KRB) II dan III di Desa Keningar, Sumber, Dukun, dan Kalibening. Hal itu sesuai dengan informasi dari BPBD Magelang dan Pos Pengamatan Gunung Merapi Ngepos.

Menurut dia, status Merapi saat ini masih Waspada atau pada level II dengan radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi dibatasi untuk aktivitas penduduk. Untuk masyarakat yang tinggal di luar radius tiga kilometer juga bisa terdampak abu letusan.

“Tapi tidak membahayakan jiwa selama beraktivitas di luar ruangan dengan menggunakan masker,” jelasnya. (pra/ila)