PURWOREJO – Sebanyak 64 kepala sekolah SD dan SMP dilantik oleh Bupati Purworejo Agus Bastian di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (22/5). Tidak bisa seenaknya, mereka dituntut bisa meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan yang dipegangnya.

“Mutu pendidikan sekarang ini menjadi persoalan pendidikan yang harus dihadapi. Peran seluruh pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, sangat penting dan strategis dalam mengatasi persoalan itu,” kata bupati saat memberikan pesan-pesannya.

Menurutnya, pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pemkab telah merencanakan berbagai program untuk memastikan pendidikan dapat berjalan dengan baik.

“Ini juga sejalan dengan visi misi Bupati/Wakil Bupati Purworejo periode 2016-2021, khususnya misi kelima yakni mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai kabupaten yang unggul di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan,” kata Agus.

Bupati menambahkan, kepala sekolah memiliki posisi yang sangat penting dan strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Kepala sekolah adalah pengelola lembaga pendidikan yang bertugas menghimpun, memanfaatkan, mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya manusia, sumber daya lingkungan serta sumber dana yang ada, untuk membina sekolah dan masyarakat sekolah yang dikelolanya.

Kepala BKD Purworejo drg Nancy Megawati Hadisusilo menjelaskan, 64 yang dilantik terdiri atas 59 kepala sekolah SD dan 5 kepala sekolah SMP. Untuk SD yang alih tempat tugas sebanyak 31, promosi 28, sedangkan SMP yang promosi 2 dan alih tugas 3 orang.

“Masih ada yang kosong 10 jabatan kepala sekolah. Tetapi karena belum ada pejabatnya yang memenuhi syarat, sehingga masih menunggu,” jelas Nancy. (udi/laz/mg1)