SLEMAN – Status Waspada tidak mengurangi antusiasme para siswa SD Sanjaya Tritis Purwobinangun, Pakem mengikuti ujian. Tercatat SD ini memiliki jarak terdekat dari puncak Gunung Merapi, sekitar enam kilometer. Setidaknya ada sekitar 60 siswa kelas I hingga V yang mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kepala SD Sanjaya Tritis Happy Wijayanti memastikan KBM tidak terganggu dengan adanya peningkatan situasi Merapi. Terlebih saat ini untuk siswa kelas I hingga V tengah menjalani tes kendali mutu (TKM).

“Tetap berjalan seperti hari biasa, hanya memang ada berbagai pertimbangan khusus. Untuk jam pulang, menyesuaikan durasi siswa merampungkan tes,” jelasnya ditemui di SD Sanjaya Tritis, Selasa pagi (22/5).

KBM dimulai pukul 07.15 untuk TKM pertama, berlanjut 09.30 hingga 11.00 untuk TKM ke dua. Terkait jam pulang inilah yang menjadi evaluatif. Happy, sapaannya, menuturkan ada kemungkinan KBM selesai lebih awal pukul 10.00.

Jajarannya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah desa Purwobinangun. Terutama perkembangan status dan kondisi Merapi dari waktu ke waktu. Setidaknya langkah antisipasi pemindahan lokasi KBM juga telah disiapkan.

“Kami ada sekolah penyangga di SD Tawangharjo, posisi ada di bawah dan lebih aman. Jika kondisi meningkat maka KBM bisa dipindahkan ke sana, tapi untuk sekarang dirasa belum,” ujarnya.
Di satu sisi Happy tidak menampik sebagian orang tua masih menyimpan trauma. Terlebih kawasan Turgo pernah terlanda erupsi besar Merapi 1994. Tidak sedikit orang tua yang menginginkan sekolah diliburkan demi keselamatan anak-anaknya.

Malam sebelumnya SD ini sempat digunakan sebagai barak pengungsian warga Padukuhan Tritis, Purwobinangun, Pakem. Kepala Desa Purwobinangun Heri Suasana mengakui minimnya logistik karena minimnya persiapan. Untuk warga tercatat ada 588, sedangkan yang mengungsi semalam 419.
“Terkait logistik dan kebutuhan tambahan akan kami rapatkan pagi ini di kantor desa. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai manajemen bencana yang kami susun,” jelasnya. (dwi/ila/mg1)