GUNUNGKIDUL – Aparat penegak hukum konsisten menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Berkaitan dengan penanggulangan penyakit masyarakat (pekat), Polres Gunungkidul meminta warga agar menjadi informan.

“Informan adalah mata dan telinga kami. Sekecil apapun laporan petuga menindaklanjuti,” kata Kasat Narkoba AKP Tri Wibowo usai melakukan penggerebkan gudang miras di wilayah Desa Kampung, Kecamatan Ngawen Minggu (20/5).

Dia menjelaskan, penggerebekan gudang miras di Kampung Ngawen juga berbekal informasi warga yang resah dengan aktifitas penjualan miras. Kabar adanya minuman berbahaya itu kemudian ditindaklanjuti polisi.

“Setelah yakin ada barang bukti, dilakukan penggerebekan pada Sabtu (5/5) lalu,” ujarnya.

Dalam operasi tersebut petugas berseragam lengkap menemukan barang bukti berupa ciu oplosan dan puluhan botol miras dari pengedar di wilayah Gunungkidul. Dalam kesempatan tersebut juga diamankan puluhan botol ciu siap edar.

“Barang bukti kami amankan dari gudang milik warga Ngawen Berinisial JT, 29. Terima kasih kepada warga atas informasi terkait perkara ini,” ujar Wibowo.

Demi kepentingan penyelidikan, barang bukti berupa 24 botol miras jenis vodka, 15 botol jenis asoka (kedaluwarsa), dua whisky merk asoka (kedaluwarsa), dan dua jeriken tempat penampung ciu yang masih tersisa diamankan petugas.

“Tersangka mengakui praktik penjualan miras masih aktif dia lakukan. Dari hasil penggeledahan di gudang pemilik miras, kebetulan sudah menipis hampir habis,” ungkap Wibowo.

Akibat perbuatannya, JT disangkakan pelanggaran Perda Kabupaten Gunungkidul 4/2010 tentang minuman beralkohol. JT terbukti melakukan pelanggaran selanjutnya menjalani proses hukum.

“Sekali lagi, kami mengimbau semua elemen masyarakat bekerja sama dengan petugas. Apabila mengetahui adanya praktik penjualan miras segera laporkan,” kata Wibowo.

Kades Desa Kampung Suparna mendukung upaya kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pihaknya juga mengimbau warga aktif dalam kegiatan poskamling. “Sehingga Desa Kampung menjadi aman dan bebas miras,” kata Suparna. (gun/iwa/mg1)