BANTUL – Setelah menjajal beberapa tim Liga 3 DIJ, Persiba Bantul berencana mengadakan uji coba dengan menaikkan level lawan tanding. Hal itu agar pemain bisa terus mengasah permainan dan mentalitas dengan grafik yang terus meningkat.

Salah satu lawan yang dibidik untuk diajak uji coba adalah tim Liga 3 Nasional Persibangga Purbalingga. Persiba dan Persibangga berada dalam satu level karena sama-sama turun dari Liga 2 musim lalu.

Manajer Persiba Endro Sulastomo menyebut, agenda uji coba untuk mengukur kemampuan dengan lawan yang setara. Sehingga tim pelatih bisa mengetahui capaian selama latihan terakhir. Berhubung uji coba dimainkan di bulan puasa, laga itu kemungkinan akan pada malam hari. “Tidak masalah karena Stadion Sultan Agung memiliki lampu penerangan,” kata Endro.

Sebelumnya, saat menantang sesama tim selevel yaitu PSCS Cilacap di kandangnya Stadion Wijayakusuma Cilacap, Laskar Sultan Agung kalah tipis 0-1. Sementara ketika menjajal tim lokal UNY FC dan UAD FC, Slamet Widodo dkk menang besar yakni 4-0 dan 6-2.”Melawan Cilacap meskipun kalah tapi dengan persiapan yang belum lama, permainan anak-anak bisa mengimbangi Cilacap yang sudah lebih dini menggelar persiapan,” imbuhnya.

Karena itu, lanjut Endro, melawan Persibangga akan menunjukkan seperti apa level permainan Persiba. Mengenai kepastian waktunya, manajemen masih mencari tanggal dan kesepakatan dengan kedua manajemen.

Asisten Pelatih Persiba Sudarmaji mengatakan, uji coba dengan tim yang lebih kompetitif memang sangat dibutuhkan untuk melihat kemampuan para pemain yang saat ini tengah diseleksi. “Ada Azmi dan Reza Dwi yang akan kami lihat lagi kemampuannya saat melawan tim selevel besok. Kalau lawan tim selevel, baru nanti kualitas pemain itu benar-benar terlihat,” tuturnya.

Selanjutnya, selain mengagendakan laga ujicoba kontra Persibangga, manajemen akan mengagendakan laga uji coba kontra sejumlah tim lokal di beberapa kecamatan di Bantul. Setidaknya 5 kecamatan di Bantul akan dikunjungi. (riz/din/mg1)